Waspadai Gejala Kolesterol Tinggi pada Kaki, Perhatikan 4 Tanda Berikut Ini

Abadikini.com – Kebiasaan hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah zat lilin, seperti lemak yang diproduksi oleh hati untuk pembentukan membran sel, vitamin D dan hormon penyeimbang. Karena tidak larut dalam air, kolesterol diangkut ke berbagai bagian tubuh melalui partikel yang disebut lipoprotein yang memiliki protein spesifik di permukaannya.

Ketika kolesterol dan lipoprotein bergabung dengan kandungan lemak tinggi serta protein rendah membentuk Low-density lipoprotein (LDL), itu akan berbahaya bagi tubuh.

Sayangnya, kolesterol tinggi ini jarang menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Walau begitu, Anda bisa mendeteksi gejala kolesterol tinggi melalui kondisi kaki Anda.

Saat kadar kolesterol naik dalam darah ke tingkat yang ekstrem, kondisi ini akan mulai mempengaruhi tendon Achilles kaki Anda. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa gejala kolesterol tinggi pada kaki.

1. Sakit kaki

Ketika arteri kaki tersumbat, darah kaya oksigen dalam jumlah yang cukup tidak akan mencapai bagian bawah kaki. Hal itu akan membuat kaki terasa berat dan lelah.

Kebanyakan orang dengan kadar kolesterol tinggi mengeluhkan rasa sakit yang membakar di tungkai bawah. Seseorang mungkin merasakan sakit di bagian kaki mana pun, seperti paha atau betis. Rasa sakit pada kaki akan semakin terasa ketika berjalan.

2. Kram kaki

Kram kaki yang intens saat tidur adalah gejala umum lain dari kadar kolesterol tinggi. Sebagian besar kram atau kejang pada kaki biasanya dirasakan pada area tumit, kaki depan atau jari kaki.

Kondisi ini memburuk pada malam hari saat tidur. Jadi, menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk bisa menjadi pilihan untuk meredakannya.

3. Perubahan warna kulit dan kuku kaki

Penurunan aliran darah juga dapat mengubah warna kuku kaki dan kulit, terutama ketika sel-sel tidak mendapatkan nutrisi yang tepat karena penurunan aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen.

4. Kaki dingin

Kaki biasanya akan terasa dingin selama musim dingin. Tapi, kadar kolesterol yang tinggi juga bisa membuat kaki terasa dingin. Bahkan selama musim panas, kaki orang yang kolesterolnya tinggi akan terasa dingin.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker