Pesawat NASA Akan Tabrak Asteroid Dalam Misi Lindungi Bumi

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat (NASA) akan menggelar misi uji coba bertajuk Double Asteroid Redirection Test (DART) dengan menabrakkan pesawat luar angkasa ke sebuah asteroid.

Misi yang dijalankan dengan menabrakkan pesawat luar angkasa ke asteroid ini merupakan uji coba jika suatu saat terdapat asteroid yang mendekati dan mengancam Bumi.
Dikutip dari People, pesawat DART akan diterbangkan dengan roket Falcon 9 dari SpaceX pada 23 November mendatang waktu setempat.

Asteroid yang akan ditabrak dalam kesempatan ini bernama Dimorphos-bulan kecil yang mengorbit di asteroid Dydymos yang lokasinya dikategorikan cukup dekat dengan Bumi.

“#DARTMission kami, yang diluncurkan November ini, juga akan menjadi tes pertama kami untuk pertahanan planet,” tulis sebuah postingan di halaman Twitter NASA Asteroid Watch, sebagaimana dikutip People.

Sebelum diberi nama Dimorphos, bulan kecil itu diberi nama ‘Didymos B’.

Adalah ilmuwan planet dan anggota tim DART, Kleomenis Tsiganis, yang menyarankan perubahan nama tersebut.

Dimorphos, yang berarti ‘dua bentuk’, mencerminkan status objek ini sebagai benda angkasa pertama yang ‘bentuk’ orbitnya diubah secara signifikan oleh umat manusia,” katanya seperti dikutip Daily Star.

Roket DART akan menabrak Dimorphos dengan untuk mengubah jalur asteroid melintasi ruang angkasa. Peluncuran perdana DART akan berlangsung 23 November 2021.

DART akan diluncurkan dari Vandenberg di California Selatan pukul 22:20 waktu setempat di atas SpaceX Falcon 9.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker