Jessica Watkins Catat Sejarah Sebagai Astronaut Wanita Kulit Hitam Pertama di ISSI

Abadikini.com, JAKARTA – Astronaut Jessica Watkins berhasil mencatatkan sejarah sebagai astronaut wanita kulit hitam pertama yang mencapai Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Watkins tergabung dalam kru SpaceX yang terbang ke ISS, Rabu (27/4), bersama dengan Kjell Lindgren, astronout NASA yang juga komandan misi, Robert Hines, serta astronaut dari Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti.

Rencananya, keempat astronout bakal berada selama enam bulan di ISS.

Saya pikir penting untuk mengakui hal ini sebagai tonggak sejarah bagi lembaga (NASA) dan negara kami, sekaligus untuk mengetahui bahwa kami sedang membangun fondasi sebagai astronaut perempuan kulit hitam yang telah datang sebelum saya,” kata Watkins, dikutip dari Space.com.

“Saya benar-benar merasa terhormat menjadi bagian kecil dari warisan itu, tetapi di antara anggota kru yang lain kami tetap setara,” ujarnya.

Di sisi lain, Watkins memperpanjang daftar astronout wanita NASA yang pernah terbang ke ISS. Sebut saja Mae Jemison, Stephanie Wilson, Joan Higginbotham dan astronaut pribadi Sian Proctor.

Saat ini, masih ada dua perempuan kulit hitam di korps astronaut NASA yang belum terbang ke luar angkasa, mereka adalah Yvonne Cagle dan Jeanette Epps. Keduanya masih menunggu giliran untuk diterbangkan.

Pemecahan rekor oleh Watkins tak akan berhenti di sini mengingat dia bagian dari misi Artemis NASA. Lantaran itu, dia bakal kembali mencetak sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama dan warga afro-amerika pertama yang terbang dan mendarat di bulan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker