Hebat, Dokter Muda Unand Padang Ini Terbitkan Modul Panduan Isolasi Mandiri COVID-19

Abadikini.com, PADANG – Dokter Muda Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang menerbitkan Modul Isolasi Mandiri COVID-19 yang diberi nama “Modusman”.

“Modul berbasis promosi kesehatan ini terdiri atas 57 halaman memuat informasi penting soal COVID-19 dan isolasi mandiri,” kata Dokter Muda Unand, Devin Mahendika di Padang, Minggu (26/9/2021).

Ia menjelaskan modul berisi alur, tata cara, hingga pengaturan gizi, dan tip berikut trik menjaga stabilitas mental selama pandemi COVID-19.

Penerbitan modul COVID-19 ini merupakan model pemecahan masalah dari proses plan, do, heck, action (PDCA) dengan menetapkan permasalahan dan sasaran prioritas menggunakan rumus Hanlon dengan target sasaran pembina wilayah, kader, tenaga kesehatan, satuan tugas (Satgas) COVID-19, dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pauh.

Proyek ini digagas oleh dokter muda yang berpraktik di Puskesmas Pauh, diketuai oleh Dokter Muda Devin Mahendika bersama lima orang dokter muda lainnya, yaitu Multazam Fahreza Chandra, Mai Ismil Husni, Astri Dwi Andini, Naila Widanti, dan Sylfia Mustika.

Pembuatan modul dibimbing dr. Ida Rahmah Burhan, MARS serta dukungan Kepala Puskesmas Pauh dr. M. Fardhan, Kepala Program COVID-19 dr. Lola Ramadhesi, dan Kepala Unit Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) drg. Helda Lidra.

Menurut Devin, modul ini disusun secara menarik dan sistematis sebagai media promosi kesehatan yang berguna bagi seluruh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pauh untuk menekan angka positivity rate di puskesmas itu yang mencapai 34,95 persen pada Juli 2021.

1 2Laman berikutnya
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker