Militer Guinea Kudeta Pemerintahan Alpha Conde dengan Baku Tembak

Keberadaan Conde tidak diketahui selama berjam-jam setelah pertempuran sengit hari Minggu di pusat kota Conakry sampai sebuah video muncul yang menunjukkan pemimpin berusia 83 tahun itu lelah dan kusut dalam tahanan militer.

Tidak segera diketahui kapan atau di mana video itu diambil, meskipun suara seorang tentara terdengar bertanya kepada Conde apakah para putschist telah menyakitinya dengan cara apa pun.

Doumbouya, komandan unit pasukan khusus tentara, kemudian berbicara kepada bangsa dari markas besar televisi negara, terbungkus bendera Guinea dengan sekitar setengah lusin tentara lainnya diapit di sisinya.

“Kami tidak akan lagi mempercayakan politik kepada satu orang. Kami akan titipkan kepada masyarakat,” kata Doumbouya tanpa menyebut nama Conde.

Doumbouya kemudian mengonfirmasi ke televisi France 24 bahwa Conde berada di “tempat aman” dan telah menemui dokter.

Kepada The Associated Press, seorang mantan diplomat AS di Conakry mengonfirmasi bahwa presiden telah ditahan oleh para putschist. Diplomat, yang melakukan kontak dengan pejabat Guinea, berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah tersebut.

Conde pernah mengatakan bahwa batasan masa jabatan tidak berlaku untuknya. Setelah berkuasa selama lebih dari satu dekade, popularitas Conde merosot sejak ia mencari masa jabatan ketiga tahun lalu. Perkembangan dramatis hari Minggu menggarisbawahi bagaimana perbedaan pendapat telah meningkat di dalam militer juga terjadi.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker