Militer Guinea Kudeta Pemerintahan Alpha Conde dengan Baku Tembak

Abadikini.com, CONAKRY – Baku tembak tak terbendung antara pemerintahan Guinea dan militer di istana. Presiden Alpha Conde jadi korban hingga disekap. Mengutip dari AFP Senin (6/9/2021) kudeta di wilayah Afrika Barat itu berlangsung pada Minggu (5/9/2021) waktu setempat. Kudeta dijalankan oleh militer dari Pasukan Khusus.

Militer juga mengumumkan pemerintahan Guinea telah resmi dibubarkan. Perbatasan negara ditutup dan konstitusi Guinea dinyatakan tidak sah dalam pengumuman yang dibacakan di televisi negara oleh Kolonel Angkatan Darat Mamadi Doumbouya.

“Tugas seorang tentara adalah menyelamatkan negara,” katanya kepada rakyat Guinea.

Sejauh ini, tidak segera diketahui berapa banyak dukungan yang dimiliki Doumbouya di dalam militer atau apakah tentara lain yang setia kepada presiden lebih dari satu dekade yang mungkin berusaha untuk merebut kembali kendali.

Blok regional Afrika Barat yang dikenal sebagai ECOWAS dengan cepat mengutuk perkembangan tersebut. ECOWWAS mengancam sanksi jika Conde tidak segera dibebaskan. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menulis di Twitter bahwa dia sangat mengutuk setiap pengambilalihan pemerintah dengan kekuatan senjata.

1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker