LaNyalla Tekankan Pentingnya Nasionalisme di Kalangan Generasi Muda

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menegaskan pentingnya nasionalisme di kalangan mahasiswa dan generasi muda. Karena, di tengah globalisasi dan era dunia tanpa batas yang ditandai dengan disrupsi di berbagai bidang, hanya dengan menjaga semangat nasionalisme sebuah negara akan tetap berdaulat.

Hal itu disampaikan LaNyalla saat memberi sambutan dalam penerimaan mahasiswa baru Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Surabaya, Selasa (31/8/2021).

“Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, nasionalisme berarti paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Bagi kalangan mahasiswa isu seputar nasionalisme sangat penting. Mengingat kalian adalah para penerus bangsa dan penentu masa depan bangsa dan negara ini,” kata Senator asal Jawa Timur itu.

Oleh karena itu, lanjut LaNyalla, mahasiswa harus terbiasa membicarakan isu-isu politik dan kenegaraan. Juga mempelajari dan mendiskusikan tema-tema kebangsaan, sejarah peradaban dunia, capaian-capaian dunia dan masa depan dunia.

“Kalian adalah penerus tongkat estafet bangsa ini. Generasi emas yang akan memasuki masa Indonesia 100 tahun yang diharapkan merupakan masa kejayaan Indonesia di tahun 2045 mendatang. Karena itu tanamkan rasa optimisme dan tatap masa depan dengan semangat, dengan kreatif dan cerdas,” papar Mantan Ketua Umum PSSI itu.

Menurut LaNyalla, implementasi rasa nasionalisme mempunyai cakupan yang luas. Namun secara prinsip, rasa cinta terhadap bangsa akan tumbuh dengan mengenal bangsa Indonesia secara utuh. Termasuk sejarah lahirnya bangsa ini.

“Kalian adalah mahasiswa di Universitas Dr Soetomo, yang tidak bisa lepas dari nama pejuang besar bangsa ini. Yakni Dr. Soetomo. Tokoh perintis kemerdekaan Indonesia yang pada tahun 1908 mendirikan Budi Utomo. Sebuah organisasi yang menjadi tonggak sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker