LaNyalla Mahmud Mattalitti Minta Pemerintah Tingkatkan Sarpras Sekolah Daring

Abadikini.com, JAKARTA – Akibat pandemi Covid-19, proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring sejak Maret 2020. Namun, masih terdapat banyak kendala. Untuk itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kendala yang paling sering ditemukan adalah banyaknya siswa yang tidak memiliki fasilitas smartphone. Selain itu juga, banyak siswa maupun orang tua  kesulitan membeli kuota hingga sulitnya jaringan internet, khususnya yang berada di daerah pelosok.

“Pemerintah memang memiliki program bantuan kuota internet, tapi banyak siswa yang tidak punya akses HP. Atau sekalipun punya, HP nya tidak support untuk PJJ atau sulitnya sinyal di tempat tinggal mereka. Ini menjadi sebuah keprihatinan yang seharusnya dipikirkan secara serius oleh pemerintah,” tutur LaNyalla di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, sekolah daring perlu dilakukan untuk menghindari penularan virus Corona ke anak-anak.

“Namun, pemerintah harus bisa memastikan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran berbasis online untuk seluruh ssiwa dapat terpenuhi. Era digitalisasi harus bisa dirasakan semua orang di seluruh Indonesia,” ucapnya.

LaNyalla pun mengapresiasi orang tua dan siswa yang berjuang untuk memenuhi sarana dan prasarana sekolah daring secara pribadi. Seperti yang dilakukan dua orang siswa kakak beradik, Ahmad Fardan Azzmib dan Sofia Ghoyatun Nafisah, yang membeli HP dari tabungan mereka.

“Apa yang dilakukan Ahmad Fardan Azzmib dan adiknya, Sofia Ghoyatun Nafisah, siswa/siswi SD di Magelang, patut dipuji karena rela membuka tabungan untuk membeli handphone agar memudahkan sekolah online. Bahkan keduanya bersama sang ibu tidak malu datang ke toko HP membayar dengan uang recehan,” puji LaNyalla.

1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker