Ingatkan Pemerintah, Yusril: Angka Kematian Covid-19 Bisa Digoreng Jadi Isu Pelanggaran HAM Berat

Abadikini.com, JAKARTA – Jubir Kemenkomarves Jodi Mihardi mengatakan bahwa data kematian tidak dihapus dari indikator asesmen level PPKM, tetapi akan dirapikan karena seringkali tidak akurat.

Kalau sudah dirapikan, indikator kematian akan diinput lagi dalam menentukan level PPKM. Namun, langkah tersebut menuai kritik dari berbagai pihak.

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra mengingatkan pemerintah agar menetapkan batas waktu merapikan data kematian korban Covid-19 yang simpang siur.

Namun kata Yusril, sampai kapan perapian data itu akan dilakukan dan tidak dijelaskan oleh pemerintah. Padahal data kematian ini sangat penting. Data kematian warga akibat Covid-19 bukan sekadar hal teknis sebagai indikator dalam menentukan level PPKM.

Jumlah dan prosentase angka kematian di suatu negara akibat Covid-19 adalah juga indikator keseriusan dan kemampuan sebuah negara dalam menangani pandemi dan melindungi rakyatnya.

Kematian warga dalam jumlah relatif besar dibandingkan dengan angka kematian global akibat pandemi adalah masalah serius terkait langsung dengan amanat konstitusi. Salah satu tujuan pembentukan negara adalah untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.

“Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan adalah hak asasi manusia yang dijamin konstitusi. Karena itu, semakin kecil angka kematian akibat Covid 19 ini, akan menjadi indikator keberhasilan negara dalam menangani pandemi,” kata ketua umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Karena itu, pemerintah harus punya tenggat waktu merapikan data kematian ini. Tanpa kejelasan waktu, pemerintah bisa dicurigai ingin menyembunyikan angka yang sesungguhnya. Hal ini tidak baik, bukan saja di mata rakyat, tetapi juga di mata dunia internasional.

Yusril menegaskan, jika data resmi dari pemerintah tak kunjung muncul, maka yang bersliweran di publik adalah data tidak resmi yang bisa dibuat siapa saja. Hal ini justru akan menghambat upaya penanganan pandemi di negara kita.

“Jika data tidak resmi yang bersliweran, data itu dengan mudah untuk dimainkan menjadi isu politik yang berdampak luas, baik isu domestik sebagai penggalangan opini untuk menggoyang stabilitas politik dan pemerintahan, maupun isu internasional,” tegasnya.

Yusril juga kembali mengingatkan pemerintah bahwa angka kematian akibat covid-19 bisa digoreng-goreng oleh pihak-pihak tertentu sebagai isu pelanggaran HAM berat

“Sebab, angka kematian yang relatif besar dibandingkan dengan negara-negara lain serta angka kematian global, bisa digoreng-goreng sebagai isu pelanggaran HAM berat. Kita tidak ingin hal seperti itu terjadi pada negara tercinta ini,” pungkas Yusril Ihza Mahendra.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker