Trending Topik

Bertekad Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Segitiga Emas, Capten Ali Ibrahim Temui Wali Kota Ternate

Abadikini.com, TIDORE – Bertekad meningkatkan kerjasama ekonomi di segitiga emas antara Tidore, Ternate dan Halmahera Barat, Wali Kota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim melakukan silaturahmi sekaligus kunjungan kerja ke Kantor Wali Kota Ternate, pada Selasa (10/8/2021) kemarin.

Dalam kunjungannya itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komwil VI itu didampingi oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Tidore, Zulkifli Ohorella dan Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Kota Tidore, Asis Hadad.

Silaturahmi dan kunjungan kerja balasan tersebut disambut hangat oleh Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman beserta Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli dan Para Pimpinan OPD di ruang rapat Kantor Walikota Ternate.

Selain silaturahmi, tujuan utama kunjungan tersebut dalam rangka membahas peningkatan segitiga emas sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik untuk Kota Tidore, Ternate dan Halmahera Barat.

Wali Kota Capten Ali Ibrahim mengatakan, kerjasama segitiga emas ini perlu ditingkatkan sehingga upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat yang ada di Tidore, Ternate dan Halmahera Barat bisa berjalan dengan baik, terutama di bidang Perikanan dan Pertanian, kami akan melakukan pertemuan untuk segera menindaklanjuti.

Lebih lanjut Ali Ibrahim juga mengatakan untuk bidang pelayanan transportasi juga perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti, agar semakin layak, mengingat tahun depan jika pandemi Covid 19 telah selesai maka Sail Tidore akan dihelat. Selain itu, pelayanan transportasi seperti dermaga juga menjadi salah satu akses penting dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Tahun depan kami akan menyediakan dermaga bagi masyarakat Jailolo yang akan menyuplai pisang dan sayuran ke Tidore.” tutur Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim mengatakan selaku Ketua Apeksi Komwil VI melaporkan hasil meeting melalui zoom, pada Senin (9/8/2021) lalu,  bahwa semua program Apeksi di tahun 2021 ditunda karena pandemi Covid-19 dan akan dilanjutkan di tahun 2022.

“Terkait dengan kerjasama ini, selain di Bidang Pertanian dan Perikanan, di bidang Pariwisata juga, Bupati Pulau Morotai telah menyampaikan niatnya untuk melakukan kerjasama nanti kita pikirkan konsepnya” tutup Ali Ibrahim.

Sementara Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih sekaligus selamat datang kepada Wali Kota Tidore yang telah mambalas kunjungan kerja pada waktu itu, dalam kunjungan hari ini beliau datang tidak hanya sebagai Wali Kota Tidore tetapi juga sebagai Ketua Apeksi Komwil VI.

Menurut Tauhid, pembahasan hari ini berkaitan dengan kehadiran kami sebagai pembicara dalam kegiatan penting di Halmahera Barat waktu itu, salah satunya poin yang sudah disepakati saat itu adalah kerjasama yang juga telah masuk dalam rancangan awal RPJMD 2021-2026, ini akan menjadi poin penting dalam rangka untuk memperkuat kerjasama.

“Sudah beberapa poin yang dilaksanakan, tinggal bagaimana kita mensinergikan masing-masing keunggulan daerah dalam frame perencanaan, ini akan kita perkuat, dengan keunggulan masing-masing daerah bisa saling menutupi kekurangan,” kata Tauhid.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi kekuatan untuk regional Tidore, Ternate dan Halbar agar bisa sama-sama saling menguntungkan,” tegasnya.

Dia juga berharap keberlanjutan dari kegiatan Sail Tidore tetap dilaksanakan dan juga kegiatan STQ di bulan oktober mendatang.

“Kami akan mendukung sepenuhnya dan kami akan terlibat langsung untuk menyambut Tamu dan Kafilah di Kota Ternate.” kata Tauhid menegaskan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker