Ikuti Rakor PAUD, Bupari Erli Hasim: Kegiatan Ini Akan Jadi Lahan Ibadah Kita

Bupati menambahkan, dengan hadirnya Lembaga pendidikan bagi anak usia dini, dalam hal ini PAUD, diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas mental dan spiritual bagi anak usia dini.

Sementara itum Ketua Pokja PAUD, Firmanudin dalam laporannya mengatakan, pada dasarnya bunda PAUD ini sudah berdiri sejak lama, namun di kabupaten Simeulue sudah terbentuk sejak tahun 2020 di bawah kepemimpinan Bunda PAUD Ibu Suryani.

“Tujuan dari forum adalah mendukung tupoksi dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas di kabupaten Simeulue,” ujar Firmanudin.

Sebagaimana hasil rakor PAUD secara virtual yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu, diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas anak usia dini sebagaimana generasi penerus yang membanggakan.

Sementara itu Bunda paud kabupaten Simeulue Suryani dalam arahannya menyatakan, PAUD Holistik Integratif adalah layanan pendidikan yang menggabungkan proses asah, asih, asuh, dalam rangka mengembangkan kebutuhan anak, seperti gizi yang cukup, sistem pengasuhan dan perlindungan yang terbaik, serta pemberian layanan belajar yang mengedepankan pendidikan karakter, agar anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai prinsip-prinsip holistik

“Program PAUD Holistik Integratif adalah sistem pendidikan dini yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2003, khususnya pasal 2 ayat 1, yang menjelaskan, PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh dan menyeluruh, baik itu mencakup layanan gizi dan kesehatan, layanan pendidikan dan pengasuhan, pencegahan dan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, serta upaya untuk memberikan yang terbaik bagi semua aspek perkembangan anak,” ujar Suryani.

Bunda Paud yang juga selaku ketua TP PKK Kabupaten Simeulue mengatakan, untuk mencapai sasaran paud Holistik Integratif itu memang tidak mudah.

“Untuk mencapai sasaran yang saya sebutkan itu memang tidak mudah. Ini merupakan tantangan yang harus ditangani secara stimulan”, jelasnya.

Kendati demikian, Bunda PAUD itu mengatakan kepada segenap jajaran yang terlibat dalam forum ini agar tetap optimis, dan tetap bergerak cepat dan melihat Kedepan, sehingga program paud bisa dijadikan contoh bagaimana kita mampu membangun sistem pendidikan usia dini.

Laman sebelumnya 1 2

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker