LaNyalla Dukung Rumah Kurasi Pasarkan Produk UMKM ke Pasar Internasional

Abadikini.com, MADIUN – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan dukungan untuk Rumah Kurasi yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Jawa Timur. Menurut LaNyalla, Rumah Kurasi dapat membantu upaya pemerintah menggenjot perekonomian nasional.

Rumah Kurasi hadir untuk meningkatkan standarisasi kualitas dan daya saing produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur di pasar nasional maupun internasional.

“Di Jawa Timur ada 9,78 juta UMKM. Potensinya masuk ke pasar ekspor sangat besar. Ini harus diperkuat, apalagi kontribusi UMKM bagi pendapatan domestik Jatim mencapai 57,25 persen,” kata LaNyalla di sela masa reses di Madiun, Kamis (29/7/2021).

Rumah Kurasi merupakan wadah bagi UMKM yang memiliki minat melakukan ekspor. Rumah Kurasi diluncurkan KPW BI Jatim setelah melihat banyaknya pembeli dari negara asing yang tertarik pada produk lokal Jatim. Namun pelaku UMKM tidak bisa memenuhi syarat terkait masalah standar kualitas dan semacamnya.

“Artinya, produk UMKM banyak peminat dan sekarang akses ke pasar luar negeri mulai terbuka. Namun yang paling penting, memang menyesuaikan produk kita dengan standar negara tujuan. Dengan adanya kurasi, produk-produk UMKM Jawa Timur akan terstandarisasi dengan baik sehingga bisa menghasilkan produk siap ekspor,” tutur LaNyalla.

Menurutnya, sebagian besar produk UMKM yang diminati pembeli asing adalah makanan dan minuman.

“Biasanya, negara tujuan menuntut standar nutrisi dan kebersihan seperti sertifikat HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Kita harus penuhi syarat itu,” imbuh LaNyalla.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker