Trending Topik

Sri Mulyani Sebut Ancaman Perubahan Iklim Magnitudonya Sama Dengan Pandemi

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan perubahan iklim (Climate Change) merupakan ancaman nyata untuk dunia. Negara di belahan dunia manapun pasti akan menghadapi kondisi perubahan ini.

Hal itu disampaikannya dalam pidatonya sebagai keynote speech di ESG Capital Market Summit 2021. Dia juga menyampaikan jika saat ini seluruh dunia sedang berikhtiar untuk menghindarkan dampak katastrofik dari perubahan iklim ini.

“Momentum ini sekarang meningkat dalam beberapa pertemuan para pemimpin dunia,” kata Sri Mulyani dalam sambutannya, Selasa (27/7/2021).

Menurut Sri Mulyani dampak dari perubahan iklim ini bisa sama dengan pandemi covid-19 ini.

“Climate change adalah global disaster yang magnitude nya diperkirakan sama seperti pandemi COVID-19,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengungkapkan, jika Covid-19 ini muncul dan menyebar sangat cepat hingga ke seluruh dunia. Akibat Covid-19 ini kebiasaan manusia harus diubah dan mobilitasnya harus dibatasi.

Sedangkan untuk climate change ini sudah diteliti oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia. Perubahan iklim ini adalah hal yang tak bisa dihindari oleh semua negara.

“Sama dengan pandemi, tak ada satu negara yang bisa terbebas dari ancaman climate change. Bahkan sama seperti pandemi, negara yang tidak siap di sisi kesehatan dan kemampuan fiskal dan sisi disiplin apalagi kemampuan untuk mendapatkan vaksin mereka mungkin akan terkena paling berat dampaknya dari pandemi,” jelas dia.

Menurut dia, setiap negara pasti akan melakukan pembangunan dan membuat mobilitas semakin tinggi dan menyerap konsumsi energi yang semakin besar. Hal ini turut menekan sumber daya alam di dunia.

Seluruh kegiatan tersebut menghasilkan karbon CO2 yang mengancam dunia dengan kenaikan suhu. “Dunia saat ini sedang berlomba-lomba untuk mengindarkan agar suhu dunia tidak naik 1 1/2 derajat untuk menghindarkan implikasi katastrofik dari kenaikan suhu atau temperatur dunia ini,” ujarnya.

Karena itu seluruh negara di dunia harus mempersiapkan kebijakan untuk memitigasi dampak climate change ini. Hal ini demi mengindari dampak katastropik perubahan iklim.

Menurut dia, perubahan iklim ini akan mempengaruhi semua makhluk di dunia. “Sama seperti pandem, tidak ada satu negara yang bisa escape atau bebas dari ancaman perubahan iklim ini,” ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker