Trending Topik

Hanya Kirim 2 Wakil ke Olimpiade Tokyo 2020, PB PASI Tidak Patok Target

Abadikini.com, JAKARTA – Indonesia mengirimkan dua wakil di Cabang Atletik Olimpiade Tokyo. Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri dan Alvin Tehupeiory di nomor bergengsi yakni lari 100 meter putra dan 100 meter putri.

Cabang olahraga atletik di Olimpiade Tokyo 2020 akan dipertandingkan mulai 30 Juli sampai 8 Agustus mendatang. Tetapi tim atletik Indonesia hanya akan tampil mulai 30 Juli sampai 1 Agustus saja.

Lalu Zohri lolos ke Olimpiade setelah finis ketiga dengan catatan waktu 10,03 detik di Golden Grand Prix Osaka, Jepang Mei 2019 lalu. Catatan tersebut sekaligus menjadi catatan waktu terbaik yang dimiliikinya saat ini.

Di Olimpiade Tokyo 2020, PB PASI tidak memberikan target berat buat Lalu Zohri yang finis ketujuh di Asian Games 2018. Namun secara realistis putra daerah Nusa Tenggara Barat itu diharapkan sebisa mungkin untuk bisa lolos ke final nomor lari 100 meter di Tokyo nanti.

“Sebisa mungkin dia bisa ke semifinal saja sudah bagus banget. Tapi kalau bisa dia ke final. Tidak ada target waktu, tapi Lalu punya target pribadi bisa lari di bawah 10 detik. Soal medali, mudah-mudahan, melihat latihannya saya yakin lah dia bisa masuk final dan lari di bawah 10 detik dan bisa memecahkan rekor atas namanya sendiri. Bisa saja di 9,99 detik kan tetap di bawah 10 detik,” ujar Eni Nuraeni, Pelatih Lalu Zohri.

Di nomor 100 meter putra, Lalu Zohri akan bersaing dengan sprinter-sprinter elite dunia seperti Yohan Blake asal Jamaika, serta Su Bingtian dari China yang menggondol emas Asian Games tiga tahun lalu.

Sementara Alvin lolos ke Olimpiade Tokyo menggunakan fasilitas wildcard dari universality quota setelah tidak ada atlet putri yang lolos berdasarkan kualifikasi. Keberangkatan Alvin ke Tokyo telah mendapatkan persetujuan dari IAAF atau Federasi Atletik Internasional.

Alvin merupakan pemegang rekor nasional lari 200 meter sejak tahun 2019. Ia berhasil mencatatkan waktu 23,76 detik di Kejuaraan Nasional sekaligus memecahkan rekor nasional milik Irene Joseph yang dipegang sejak 1999 yakni 23, 86 detik.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Alvin akan turun di nomor 100 meter putri. Bukan di nomor andalannya 200 meter.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker