Trending Topik

Ahli Kesehatan Ini Sebut Gejala COVID-19 Muncul Usai Vaksinasi Karena Masa Inkubasi Virus

Abadikini.com, JAKARTA – Ahli dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio mengatakan gejala COVID-19 muncul beberapa hari setelah menjalani vaksinasi diakibatkan karena seseorang sedang berada dalam masa inkubasi virus penyebab COVID-19 menginfeksi tubuh dan sudah terpapar virus sebelum mengikuti vaksinasi.

“Proses inkubasi virusnya tetap berjalan, sehingga dua tiga hari setelah suntikan (vaksin COVID-19) baru muncul gejala COVID-19 dan itu cukup banyak sih, artinya mereka sedang dalam masa inkubasi, sehingga otomatis beberapa hari setelah vaksinasi muncul gejalanya,” kata Amin Soebandrio yang juga ​​​​​​Kepala Lembaga Eijkman itu saat dihubungi Antara,  Senin (26/7/2021).

Amin menuturkan proses inkubasi bisa membutuhkan waktu beberapa hari hingga satu mingguan, bahkan pada kasus tertentu ada yang lebih lama waktunya.

“Kita sering kali tidak bisa membedakan seseorang itu dari tampilannya, gejala klinisnya apakah dia orang yang sehat atau  sedang dalam masa inkubasi. Masa inkubasi bisa beberapa hari sampai sekitar sepekan, ada yang lebih panjang sih. Mungkin orang itu sudah merasa, tapi karena masih ringan menganggap tidak ada gejala apa-apa, sehingga vaksinasi tetap dijalankan tapi proses inkubasi virusnya tetap berjalan,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker