Dengan Berbagai Kendala, Teleskop Hubble Akhirya Bisa Diperbaiki

Abadikini.com, JAKARTA – Teleskop Hubble milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sempat rusak atau tidak bisa berfungsi. Namun, setelah melewati perbaikan berkali-kali dengna berbagai kendala, teleskop berusia 31 tahun akhirnya bisa diperbaiki.

Kabar baiknya NASA kini telah berhasil memperbaiki Teleskop Hubble. Melansir laman The Register, Sabtu (17/7/2021) kerusakan yang dialami Hubble ini karena komputer payload onboardnya, yang mengontrol instrumennya, secara misterius membeku.

Hal itu memaksa komputer utama untuk menempatkan sensor observatorium yang mengorbit ke mode aman yang tidak aktif.

“NASA telah berhasil beralih ke perangkat keras cadangan di Teleskop Luar Angkasa Hubble, termasuk menyalakan komputer muatan cadangan, pada 15 Juli,” kata NASA dalam sebuah pernyataan hari ini.

“Pengalihan dilakukan untuk mengkompensasi masalah dengan komputer muatan asli yang terjadi pada 13 Juni ketika komputer berhenti, menangguhkan pengumpulan data sains,” imbuh NASA.

Awalnya NASA mengira modul memori yang rusak akibat radiasi telah menyebabkan komputer gagal. Setelah ke modul memori cadangan, bagaimanapun, tidak memperbaiki Teleskop Hubble.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker