Italia vs Spanyol: Menang Lewat Adu Penalti, Gli Azzurri Melaju Ke Final

Abadikini.com, JAKARTA – Italia berhasil memenangkan laga alot kontra Spanyol lewat adu penalti 4-2, setelah laga imbang 1-1 selama 120 menit. Gli Azzurri melaju ke final Piala Eropa 2020.

Laga Italia kontra Spanyol digelar di Wembley pada semifinal Piala Eropa 2020, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Tim Matador lebih dominan sepanjang 90 menit.

Spanyol mencatatkan 63 persen penguasaan bola dibanding dengan 37 persen milik Italia. Mereka juga lebih banyak melakukan percobaan tembakan dengan 10 kali yang di antaranya tiga on target. Sementara, Italia membuat enam percobaan dengan empat mengarah ke gawang.

Namun, Italia mampu unggul lebih dulu lewat Federico Chiesa di menit ke-60. Spanyol kemudian bisa menyamakan kedudukan di menit ke-80 melalui Alvaro Morata.

Skor 1-1 mengakhiri 90 menit. Duel harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Tak ada gol yang tercipta di 2×15 menit perpanjangan waktu. Pemenang laga ini ditentukan lewat adu penalti.

Di kubu Italia, hanya Manuel Locatelli yang gagal mengonversi penalti sedangkan dua penendang penalti Spanyol yang gagal adalah Dani Olmo dan Alvaro Morata.

Dengan hasil ini berarti Italia berhak melaju ke partai puncak Euro 2020 dan akan berhadapan dengan pemenang antara Inggris vs Denmark.

Italia memburu gelar juara Eropa pertamanya setelah mengkangkat trofi itu pada 1968 alias 53 tahun silam.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Kedua kubu tampil terbuka. Spanyol sempat kesulitan dengan pressing Italia di awal laga. Namun perlahan, mereka bisa mengatasi hal itu usai lebih tenang dalam menguasai bola.

Ancaman coba dihadirkan La Furia Roja di menit ke-14 lewat Ferran Torres. Torres mampu mengecoh Jorginho di depan kotak penalti Italia sebelum melepas sepakan jarak jauh. Namun, usahanya ini masih melebar dari gawang Gianluigi Donnarumma.

Laga ketat hingga memasuki pertengahan babak pertama. Italia mampu menembus lini pertahanan Spanyol di menit ke-21.

Emerson menusuk dari sisi kiri. Unai Simon tak cermat dalam mengambil keputusan dengan keluar dari sarangnya. Bola bisa diumpan oleh Emerson ke Barella.

Barella berusaha mencari ruang tembak. Sergio Busquets bisa merebut bola di saat-saat krusial sebelum Barella melepas tembakan. Gawang Spanyol selamat dari ancaman.

Dua menit berselang, Spanyol hampir memecah kebuntuan. Dani Olmo mendapatkan bola liar di depan gawang dari penguasaan Mikel Oyarzabal yang terlepas.

Usaha pertamanya bisa diblok oleh Leonardo Bonucci. Olmo langsung kembali menyambar bola. Kali ini, Donnarumma yang menggagalkan upayanya dengan terbang menepis bola.

Italia giliran yang membuang peluang di menit ke-45. Mendapat sodoran bola dari Lorenzo Insigne, Emerson melepas tembakan keras dari sudut sempit, tapi bola masih menerpa mistar.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Skor 0-0 bertahan menutup jeda.

Babak Kedua
Selepas turun minum, Italia membuka peluang di menit ke-49. Ia bisa menyusup menjangkau bola mendahului bek Italia. Namun, tembakannya masih melebar.

Spanyol membalas di menit ke-52. Umpan tarik Oyarzabal dari sisi kanan langsung disambar oleh Busquets. Percobaan kapten Spanyol ini belum membahayakan gawang Donnarumma karena masih melambung.

Semenit setelahnya, Italia kembali mengancam dari tusukan Federico Chiesa. Peluang ini juga belum berbuah gol karena tembakan Chiesa bisa ditahan Simon.

Kebuntuan di laga ini akhirnya pecah pada menit ke-60. Lewat serangan balik cepat bola kiriman Insigne ke Immobile bisa dipotong oleh Laporte.

Bola liar dengan cepat dikuasai oleh Chiesa. Chiesa menusuk ke sisi kiri kotak penalti sebelum melepas tembakan.di tengah kepungan pemain Spanyol.

Bola tembakan Chiesa melengkung ke pojok kanan gawang Spanyol. Simon tak bereaksi. Italia unggul 1-0.

 

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker