Jelang Swiss vs Spanyol pada Perempat Final Euro 2020

Abadikini.com, JAKARTA – Timnas Swiss akan menghadapi Spanyol pada laga pertama di babak perempat final Euro 2020. Duel Swiss vs Spanyol ini akan berlangsung di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7/2021) malam WIB.

Swiss memastikan tiket ke perempat final, sekaligus membuat kejutan, usai mengalahkan Prancis melalui adu penalti. Sedangkan Spanyol mengalahkan Kroasia di babak tambahan waktu.

Kemenangan tersebut diraih Swiss dengan penuh perjuangan. Mereka sempat ditahan 3-3 oleh Les Bleus selama 120 menit. Namun, pada babak adu penalti, La Nati – julukan timnas Swiss – berhasil unggul 5-4 atas pasukan Didier Deschamps.

Baca Juga

Hampir serupa seperti Swiss, Spanyol juga membutuhkan usaha ekstra untuk sampai di babak 8 besar Euro. La Furia Roja sempat ditahan Kroasia 3-3 selama 90 menit laga di Stadion Parken, Denmark, Senin (28/6/2021) malam WIB.

Namun, pada masa extra time, Spanyol berhasil mencetak dua gol tambahan untuk mengamankan kemenangan 5-3 atas Vatreni.

Di babak 16 besar Swiss dan Spanyol harus berjuang lebih dari 90 menit karena bermain imbang dengan skor besar dengan lawan masing-masing.

Namun, perlahan Spanyol menunjukkan tren permainan yang meningkat dari pertandingan pertama fase grup hingga babak 16 besar Euro 2020.

Sempat kesulitan di awal-awal kejuaraan, Spanyol akhirnya menunjukkan kelasnya dengan mengalahkan Kroasia di 16 besar.

Sementara Swiss adalah tim kuda hitam dan tim yang tidak bisa dianggap remeh. Mereka terbukti menyingkirkan juara dunia Prancis di 16 besar.

Pertemuan terakhir Swiss dan Spanyol di turnamen besar adalah di penyisihan grup Piala Dunia 2010. Waktu itu, Swiss menaklukkan Spanyol 1-0 lewat gol tunggal Gelson Fernandes. Itu adalah satu-satunya kemenangan Swiss dalam 22 pertemuan dengan Spanyol sejauh ini.

Dua pertemuan terakhir Swiss dan Spanyol tersaji di ajang UEFA Nations League pada tahun 2020. Bulan Oktober, Spanyol mengalahkan Swiss 1-0 di kota Madrid lewat gol tunggal Mikel Oyarzabal.

Kedua tim kemudian bermain imbang 1-1 di Basel, di mana gol pembuka Remu Freluer untuk Swiss menit 26 dibalas oleh Gerard Moreno menit 89.

Kali ini, Swiss dan Spanyol bertemu di perempat final Euro 2020. Mereka adalah tim tim yang sudah menyingkirkan dua finalis Piala Dunia 2018. Siapakah yang akan melenggang ke semifinal dan bertemu Belgia atau Italia?

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker