5 Contoh Bank Syariah Terbaik di Indonesia

Abadikini.com – Bank syariah adalah salah satu jenis yang di dalamnya dengan menerapkan beberapa saja prinsip syariah. Ada beberapa Contoh Bank Syariah yang sudah berjalan di Indonesia dan akan terus berkembang di tanah air.

Peraturan tentang adanya bank ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

berikut adalah beberapa contoh dari bank syariah di Indonesia:

Baca Juga

1. Bank Muamalat

Bank Muamalat merupakan salah satu bank syariah yang memiliki kategori yang terbaik dalam jajaran bank syariah. Bank Mualamat tidak memiliki cabang konvensional seperti bank yang lainnya, hal tersebut menjadikan bank Muamalat memiliki kedudukan tertinggi antara yang lainnya.

Muamalat resmi beroperasi di Indonesia pada tahun 1992 dan sampai saat ini.  Bank Mualamat terus beroprasi dengan pelayanan yang memuaskan nasabah dan tentu saja memiliki sistem keuangan berbasis islam sesuai dengan Alquran dan Hadist.

Pelayanan yang diberikan nasabah bank Muamalat antara lain prinsip pendanaan, seperti prinsip Wadiah (titipan), prinsip Mudharabah. Selain itu, bank Mualamat memiliki prinsip penamaan dana yang antara lain, Al Murababah (jual beli), Ijarah (sewa), serta bagi hasil yang disebut dengan nisbah.

2. Bank Mandiri Syariah

Kedudukan bank syariah terbaik kedua adalah Bank Mandiri Syariah. Meskipun Bank Mandiri memiliki bank konvensional, tetapi tidak menutup kemungkinan Bank Mandiri Syariah minim nasabah, justru bank ini memiliki pelayanan yang baik hingga dapat dikatakan bank syariah terbaik.

Jenis pelayanan yang diberikan oleh Bank Mandiri Syariah untuk nasabahnya yaitu Mudharah, Wadiah, tabungan berencana, pensiun, tabungan mabrur, tabungan saham. Untuk mendapatkan pelayanan dari bank syariah, cukup mudah karena kantor cabang Bank Mandiri Syariah telah tersebar diberbagai penjuru kota.

3. Bank BRI Syariah

Meskipun BRI memiliki bank konvensional yang menduduki nasabah terbanyak, tetapi tidak menutup kemungkinan sepinya nasabah bank BRI Syariah. BRI Syariah telah menduduki peringkat tertiga bank syariah di Indonesia.

Sistem pelayanan yang berpedoman pada Alquran dan Hadist, membuat bank BRI Syariah memiliki banyak nasabah khususnya bagi umat Islam. Selain itu , pengguna bank BRI syariah dapat bertransaksi melalui gerai-gerai ATM BRI, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking.

4. Bank BNI Syariah

Salah satu perusahaan BUMN yang menyediakan bank syariah adalah BNI, selain bank konvensional BNI ada juga bank BNI Syariah. Bank BNI Syariah, sangat cocok bagi nasabah beragama Islam, karena pelayanan yang diberikan berpedoman pada Alquran dan Hadist.

Bank BNI dapat dikatakan sebaagai bank syariah terbaik keempat karena memiliki pelayanan yang hebat dan tidak kalah dari BNI konvensional. Pelayanan yang diberikan kepada nasabah, antara lain pembiayaan KPR, cicilan kredit emas dan memiliki kesempatan bagi yang ingin berinvestasi paling menguntungkan.

5. Bank Syariah Indonesia (BSI)

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi beroperasi pada Senin, 1 Februari 2021. Dengan aset Rp 214,6 triliun dan modal inti Rp 20,4 triliun, bank hasil merger PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah ini ditargetkan akan masuk jajaran 10 bank syariah terbesar di dunia.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker