Polemik Ivermectin, Mari Telusuri Lebih Dalam !

Dalam diskusi di FGD Kompartemen Kesehatan dan Farmasi KAPT (Komunitas Alumni Perguruan Tinggi), diungkap bahwa, berbagai penelitian mengenai pemanfaatan Ivermectin untuk mengatasi Covid-19 ada datanya bagus dan ada juga yang tidak.

Forum FGD setuju dengan pernyataan BPOM agar pemanfaatan Ivermectin dilakukan dengan berhati-hati dan di bawah pengawasan dokter.

Pernyataan Erick Thohir

Apabila kita menyimak pernyataan Menteri BUMN, Erick Thohir, dikutip dari akun Instagram dirinya sebagai berikut :
“Alhamdulillah, PT Indofarma sebagai bagian dari holding BUMN farmasi, telah mendapat izin edar Badan POM RI untuk produk generik Ivermectin 12 miligram.

Hari ini Indofarma meluncurkan produk generik Ivermectin tersebut dan saya datang melihat langsung kesiapan kapasitas produksi Ivermectin di Indofarma.

Saya yakin PT Indofarma mampu memproduksi produk generik Ivermectin ini secara masal. Ivermectin adalah obat anti-parasit yang sudah digunakan terbatas untuk terapi penanganan Covid-19 di berbagai negara dari India sampai Amerika, juga Indonesia.

Seperti obat-obat untuk penyakit lain yang berpotensi untuk penanganan Covid-19, Ivermectin masih terus diuji untuk penambahan indikasi penggunaan untuk Covid-19.

Namun dalam kondisi pandemi yang butuh penanganan cepat dan dengan izin edar dari Badan POM ini, Indofarma siap memproduksi empat juta tablet per bulan, dan menjualnya dengan harga terjangkau. Agar bisa membangun kemandirian bangsa, dan membantu penanganan Covid-19.

Namun, harap diingat, Ivermectin tergolong obat keras dan harus digunakan dengan resep serta pengawasan dokter. Jadi, jangan sekali-kali mengkonsumsi obat ini tanpa resep dokter.

Walaupun usaha maksimal sudah dilakukan dalam memerangi pandemi ini, kita harus tetap mengutamakan disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi. Kerja sama pemerintah dan masyarakat akan membantu kita keluar dari pandemi,” cetusnya.

Pernyataan Ermawan Wibisono

Ermawan Wibisono dari Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) wilayah Jawa Timur menyambut baik upaya-upaya serius dari pemerintah dan BUMN untuk memerangi pandemi Covid-19. Berikut pernyataan Ermawan Wibisono selengkapnya.

Laman sebelumnya 1 2 3 4 5Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker