Trending Topik

Saat Ini Varian Baru Covid-19, Alpha, Beta, Delta Sudah Menyebar ke Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Kasus COVID-19 di Indonesia hingga kini masih belum mereda. Bahkan saat ini varian baru COVID-19 yang disebut Alpha (B.1.1.7), Beta (B.1.351), dan Delta (B.1.617.2) sudah menyebar di Indonesia.

Kepala bidang pengembangan profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengatakan virus COVID-19 yang berkembang di Indonesia saat ini merupakan varian Delta yang berasal dari India.

Jenis ini, kata dia, memiliki mutasi atau penyebaran yang lebih cepat walaupun virulensi atau keganasannya relatif lebih rendah.

Masdalina menegaskan, varian inilah yang mendorong hampir empat provinsi di pulau Jawa kini menjadi zona merah kembali.

Sementara itu, untuk wilayah Bali, tidak terjadi lonjakan, namun berdasarkan temuan terakhir pada orang meninggal akibat COVID-19, ternyata diakibatkan varian B.1.351 asal Afrika Selatan.

Pada Mei 2021, Kemenkes juga menyatakan varian Alpha juga sudah ditemukan di Indonesia dan saat ini merupakan varian yang paling banyak dilaporkan oleh orang dari berbagai negara.

Virus COVID-19 Varian Alpha (B.1.1.7)

Dilansir Mayo Clinic, varian COVID-19 ini menyebar lebih mudah dan lebih cepat. Varian B117 memperlihatkan karakteristik hilangnya gen 69 dan 70 yang membuat virus baru itu mempunyai kemampuan replikasi dan penularan dua kali lebih cepat.

Mutasi virus corona yang pertama kali ditemukan di Inggris pada September 2020 itu terjadi karena kemampuan berkembang biak di dalam tubuh manusia sebagai inang untuk mereplikasi diri.

1 2 3 4Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker