NASA Temukan Asteroid 2021 KN2 Hampir Tabrak Bumi

Abadikini.com, JAKARTA – NASA menemukan Asteroid 2021 KN2 hampir menabrak Bumi pada 31 Mei 2021. Asteroid itu mendekati Bumi dengan sangat cepat.

Melansir Express, asteroid 2021 KN2 datang hanya dalam jarak 154.000 km dari Bumi, atau cuma “selebar rambut” dalam hal astronomi. Asteroid itu melaju dengan kecepatan 9,8 kilometer per detik. Kecepatan itu artinya lebih dari 35.000 km per jam.

Para astronom mengatakan jarak asteroid itu lebih dekat dari Bulan ke Bumi pada 31 Mei 2021. Asteroid itu mendekati Bumi sekitar 0,4 jarak bulan (LDs). Satu LD adalah jarak antara Bumi dan Bulan, yaitu 384 ribu kilometer.

Dengan kecepatan lebih dari 35.000 km per jam, Asteroid 2021 KN2 akan mampu mengorbit Bumi dalam waktu sekitar satu jam sebelumnya akhirnya sentuh bumi dengan ukuran terpecah akibat terkikis atmosfer.

Untungnya, Asteroid 2021 KN2 tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi. Tidak hanya melewati jarak yang cukup aman untuk tidak mengancam, tetapi juga merupakan batu ruang angkasa berukuran kecil.

Analisis dari NASA mengungkapkan bahwa diameternya hanya sekitar tujuh meter. Pada ukuran itu, asteroid akan terbakar di atmosfer seandainya ditarik oleh tarikan gravitasi planet Bumi.

Asteroid KT1 2021 adalah satu dari empat asteroid yang akan melewati Bumi. Untungnya, tidak satupun dari mereka menjadi ancaman bagi planet ini, mengutip Republic World.

Hingga kini, ilmuwan NASA terus mencari cara untuk mencegah asteroid bertabrakan dengan Bumi jika terjadi bahaya. Sebuah pesawat ruang angkasa yang menggunakan daya tarik gravitasi saat ini sedang dikembangkan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker