Serba-serbi Jelang dan Sesudah Perayaan Idulfitri 1442 H di Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah/2021 M, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan berencana akan memusatkan pelaksanaan Salat Idulfitri di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Indonesiana, Kecamatan Tidore. Mengimgat Salat Idulfitri kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dipusatkan di lapangan Kantor Walikota Tidore. Hal itu dikarenakan saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Pelaksanaan Solat Id akan dimulai pukul 08.00 WIT dengan menerapkan Protokol Kesehatan dengan tetap memakai Masker, Jaga jarak dan Mencuci tangan.  Sementara yang bertindak selaku Khatib Idul Fitri, Ustadz Sukardi Ahmad, S.Pdi.M.Pd yang juga merupakan Kepala Madrasah Aliyah Pesantren Harisul Khairat Ome Alumni Pondok Pesantren Darunnnajah Jakarta dan bertindak sebagai Imam Ustadz Ridwan Ahmad.

Ustadz Sukardi Ahmad dalam Khutbahnya membawakan Tema “Idul Fitri Kembali ke Jati Diri”, yang isinya mengajak ummat muslim kembali kepada keaslian fitrahnya yang merupakan akar penciptaan manusia. Dalam idul fitri umat Islam kembali ke jati diri yang sesungguhnya setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa, dengan bukan hanya menahan diri dari lapar dan dahaga, tetapi juga meredam nafsu syawatnya.

Penetapan Idul Fitri di Kota Tidore Kepulauan, tetap sesuai dengan Keputusan Pemerintah melalui Kementerian Agama RI setelah ditetapkan dengan sidang Isbat. Pada hari Rabu (12/5/2021) sore, setelah sholat magrib warga masih menanti informasi melalui media televisi yang disiarkan secara live, namun setelah Menteri Agama menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari Kamis, tanggal 13 Mei, maka gema Takbir serentak berkumandang di seluruh Masjid, Mushala, Surau dan Langgar yang ada di Kota Tidore Kepulauan

Usai Sholat Ied, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggelar Open House di tiga tempat, masing-masing di kediaman Walikota Capten Ali Ibrahim di Kelurahan Tomagoba, kediaman Wakil Walikota Muhammad Sinen di Kelurahan Rum dan di kediaman Sekda di Kelurahan Toloa.  Kegiatan Open House ini dimanfaatkan oleh masyarakat Tidore untuk melakukan silaturahim bersama Walikota dan Wakil Walikota yang baru empat bulan memimpin Kota Tidore Kepulauan setelah dikukuhkan sebagai pemimpin Kota Tidore Kepulauan dua periode dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Istimewa. Foto: dok.Humas

Open House hari pertama, kediaman Walikota dan Wakil Walikota diramaikan sejumlah warga yang datang bersilaturahim mulai pagi setelah Sholat Ied. Kehadiran warga ini disambut oleh Walikota dan Wakil Walikota bersama keluarga yang dengan sabar melayani keinginan warga.

Secara umum, perayaan  Idul Fitri berlangsung aman dan lancar dimana budaya silaturahim masing dijunjung dan dilaksanakan oleh seluruh ummat muslim di Kota Tidore Kepulauan. Arus lalu-lintas selama dua hari pasca lebaran, terlihat ramai. Kendaraan yang melintas di jalanan didominasi oleh kendaraan bermotor roda dua. Sebagian merupakan warga Ternate yang ingin menghabiskan suasana lebaran dengan melakukan wisata keliling Pulau Tidore.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker