Pengamat Sebut Banyak Tokoh Islam yang Dinilai Layak Jadi Capres 2024, Ada Prof Yusril Juga Loh…

Abadikini.com, JAKARTA – Pengamat Politik Karyono Wibowo menyebutkan banyak tokoh berlabel Islam yang layak menjadi calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Tokoh berlabel Islam, menurut Karyono stoknya cukup banyak. Dia mencontohkan sejumlah tokoh yang saat ini menjabat sebagai ketua umum partai berbasis Islam.

Diantaranya Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Amanah Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Selain itu ada Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, dan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) ini, ada juga tokoh popular berlabel Islam yang pernah menjabat gubernur dua periode.

Diantaranya Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (PKS), Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) dan Mantan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

“Ada juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah,” kata Karyono.

Karyono yang juga mantan peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA ini memaparkan, jika wacana koalisi partai islam serius dibentuk, maka tokoh-tokoh tersebut layak dipertimbangkan menjadi calon presiden atau calon wakil presiden.

Semakin banyak tokoh-tokoh islam yang muncul ke publik sebagai capres atau cawapres justru memberikan alternatif untuk memilih calon pemimpin yang terbaik dan berkualitas.

“Kalau soal kemampuan dan prestasi, mereka tidak kalah dengan Anies Baswedan,” ujarnya.

Seperti diberitakan, belakangan ini muncul wacana parpol Islam berkoalisi untuk Pilpres 2024.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker