Penggunaan Software Bajakan Bahayakan Perangkat

Abadikini.com, JAKARTA – Hindari penggunaan perangkat lunak (software) bajakan, hal ini sangat berbahaya. Software bajakan ini memiliki dampak berbahaya bagi perangkat yang digunakan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan aplikasi atau sofware bajakan rentan virus malware yang dapat mencuri dan merusak data.

Di internet, banyak sekali aplikasi atau software yang bisa diunduh sesuai kebutuhan. Namun, tak sedikit juga software bajakan yang malah banyak digunakan.

Padahal, penggunaan software bajakan memiliki dampak berbahaya bagi perangkat yang digunakan.

Software bajakan juga pasti tidak akan mendapat pembaruan. Selain itu, penggunaannya tidak bisa maksimal, sering mengalami crash atau bug.

Lebih parah lagi, software bajakan memberikan pengaruh negatif pada kinerja pada PC. Serta menimbulkan potensi hilangnya data yang disimpan.

Sebenarnya, ada banyak aplikasi atau software resmi yang memang disediakan gratis. Di antaranya WPS Office, Google Sheets, Kdenlive, Open Shot, Davinci Resolve, Blender dan Unreal Engine.

Biasakan memakai software gratis atau beli software legal agar terhindar bahaya-bahaya yang disebutkan sebelumnya.

Ada banyak perusahaan teknologi yang menyediakan toko untuk membeli software legal, seperti Adobe, App Store, Play Store, Microsoft Store, dan Steam.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker