Menhub Targetkan Kendaraan Listrik Pada 2030 akan Masif

Abadikini.com, BEKASI – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa saat ini pemerintah tengah berupaya untuk mengoptimalkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) semakin masif di Indonesia pada tahun 2030 mendatang.

“Pak Menko sudah menugaskan kami membuat roadmap di mana di 2030 sudah signifikan kendaraan listrik itu sudah digunakan,” Budi Karya Sumadi, Minggu (18/4/2021).

Mengutip detikcom, kendaraan menggunakan bahan bakar fosil yang ada saat ini menimbulkan berbagai masalah. Pertama polusi dan kedua ketersediaannya yang terus menurun, sementara penggunaan kendaraan berbasis bahan bakar fosil terus meningkat.

“Nah substitusinya adalah bagaimana kita meningkatkan kendaraan listrik ini menjadi apa yang digunakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah memiliki strategi melakukan kerjasama dengan berbagai kendaraan berpenumpang seperti bus dan taksi.

Budi menjelaskan tujuannya adalah jika bus dan taksi sudah banyak yang menggunakan baterai maka akan diiringi dengan pertumbuhan stasiun pengisian listrik (charging station) yang juga masif. Jika charging station sudah cukup banyak, dia percaya masyarakat dengan sendirinya akan ikut menggunakan kendaraan listrik.

“Saya juga sudah mengirimkan surat kepada dirut PLN dan kepada Menteri BUMN untuk paling tidak ada 20 titik stasiun termasuk stasiun Bekasi Timur ada charging station,” tuturnya.

“Setelah masif pasti akan jadi suatu keinginan masyarakat karena mudahnya melakukan charging tersebut. Oleh karena itu saya berharap PLN bisa melaksanakan itu,” tambahnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker