BMKG Ingatkan Warga Jatim Untuk Waspada Longsor dan Banjir Bandang

Abadikini.com, JAKARTA – BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Timur, usai wilayah ini dikejutkan dengan gempa Malang.

“Mohon diwaspadai potensi longsor dan banjir bandang, menjadi dampak lanjut setelah terjadinya gempa,” kata Dwikorita Karnawati, selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam konferensi pers, Sabtu (10/4/2021).

Dwikorita mengatakan bahwa peringatan dini yang berlaku hingga pukul 17.30 tadi dikeluarkan karena berdasarkan hasil analisis BMKG, sebagian wilayah Jawa Timur diperkirakan akan mengalami hujan intensitas ringan hingga lebat.

“Kenapa harus diperhatikan? Karena baru gempa, maka lereng cukup rapuh. Nah, ketika hujan terjadi di wilayah yang rapuh bisa berpotensi meluruhkan lereng-lereng yang rapuh itu,” ujarnya. BMKG.

Berikut daftar wilayah yang berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.
Kabupaten Malang, Jember, Kota Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Jombang, Madiun, Nganjuk, Bondowoso, Yogyakarta, Purwosari, Mojokerto, Sidoarjo, Probolinggo, Situbondo Banyuwangi dan Sumenep.

Selain dikhawatirkan potensi runtuhnya lereng-lereng gunung setelah gempa dan diguyur hujan, juga dikhawatirkan peluang terjadinya bencana hidrometeorologi lainnya. Seperti angin kencang, pohon tumbang, banjir bandang, longsor, banjir, genangan dan lain sebagainya. “Juga dikhawatirkan suatu wilayah yang terkena gempa, kemudian diguyur hujan itu akan memicu banjir bandang dan longsor,” ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button