Siklon Tropis Odette, BMKG Ingatkan Masyarakat Untuk Waspada Banjir Bandang

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi dampak Siklon Tropis Odette.

Siklon Tropis ini berpeluang terjadi di beberapa wilayah Indonesia yang menyebabkan banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

Meski begitu, potensi banjir itu disebutnya dipastikan tidak se-ekstrim seperti kejadian Siklon Tropis Seroja di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga

“Masyarakat diimbau untuk tetap berhati hati pada potensi angin kencang dan hujan lebat yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah serta mewaspadai potensi dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang,” kata BMKG melalui keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

BMKG menyampaikan bibit siklon 90S yang muncul bersamaan dengan bibit Siklon Seroja saat ini telah tumbuh menjadi Siklon Tropis Odette di Samudera Hindia.

Kecepatan angin maksimum pada pusat sirkulasi Siklon Tropis Odette, kata BMKG, mencapai 45 knot atau sekitar 80 kilometer per jam dan tekanan udara di pusat sirkulasinya adalah 990 hPa.

Berdasarkan pantauan BMKG saat ini posisi Siklon tropis Seroja masih berada di wilayah Samudera Hindia, Jumat (9/4) pukul 07.00 WIB. Namun Siklon tropis semakin jauh dari wilayah Indonesia.

“Saat ini Siklon Tropis SEROJA masih berada di wilayah Samudera Hindia dengan pergerakan ke arah barat daya semakin menjauhi wilayah Indonesia,” ujar BMKG.

BMKG menyatakan dalam 24 jam ke depan diperkirakan Siklon Tropis Odette akan terus bergerak ke arah selatan – barat daya menjauhi wilayah Indonesia dengan intensitas yang cenderung melemah.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker