Napak Tilas 500 Tahun Magelhaens Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol Tiba di Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Napak Tilas 500 Tahun Magelhaens oleh Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol tiba di Tidore tepatnya di Pantai Mareku, Sabtu (27/3/2021). Penyambutan  Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol tersebut dilakukan oleh masyarakat adat Mareku dengan prosesi adat ‘Kumo Dimai’.

Prosesi Kumo Dimai diawali dengan mengitari Kapal Latih oleh Juanga Sangaji Laisa dan Juanga Sangaji Laho dan selanjutnya menabur Dimai atau buah pinang dan sirih ke laut yang bermakna permohonan keselamatan bagi seluruh armada laut khususnya Kapal Latih selama melakukan ekspedisi keliling dunia. Prosesi penyambutan tersebut pun diapresiasi oleh nahkoda kapal dengan membunyikan blast kapal sebanyak tiga kali dan selanjutnya salah satu nahkoda kapal menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan tersebut dengan menggunakan pengeras suara kapal.

Seperti diketahui bahwa ekspedisi keliling dunia yang dilakukan oleh Magelhaens dengan kapal Sebastian de Elcano 500 tahun silam tersebut tiba di Pantai Mareku Tidore pada 8 November 1521 disambut dengan upacara yang sama oleh Sultan Al-Mansyur sebelum akhirnya naik ke kapal tersebut. ‘Upacara penyambutan ini merupakan upacara yang sama yang dilakukan oleh Sultan Al-Mansyur 500 tahun lalu” ungkap Sangaji Laho, salah satu pimpinan adat di Mareku.

Setelah prosesi Kumo Dimai dilakukan, Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol dilepas dengan tembakan lima ‘meriam bulu’ oleh masyarakat yang berada di pesisir pantai yang dilanjutkan dengan Juanga Sangaji Laisa dan Sangaji Laho bergabung dalam formasi Hongi Tau Moi Se Malofo Mengiringi Kapal Latih menuju ke Tugulufa.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker