Berkolaborasi dengan FEB Unair, Pegadaian Resmikan The Gade Creative Lounge

Abadikini.com, SURABAYA – Hasil Sensus Penduduk 2020 menunjukkan bahwa, jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) mencapai 70,72% dari total 270,20 juta jiwa jumlah penduduk Indonesia.

Dari Hasil SP 2020, BPS mencatat bahwa, mayoritas penduduk Indonesia didominasi oleh Generasi Z (lahir pada tahun 1997-2012) dan Generasi Y yang lazim dikenal sebagai Generasi Millenial (lahir pada tahun 1981-1996). Proporsi Generasi Z sebesar 27,94% dan Generasi Millenial sebesar 25,87% dari total populasi.

Hal ini menunjukkan bahwa, 53,81% penduduk usia produktif Indonesia berasal dari Generasi Z dan Generasi Millenial. Kondisi ini juga menunjukkan adanya bonus demografi yang sedang terjadi, di mana proporsi penduduk usia produktif lebih banyak dari jumlah penduduk usia non-produktif, yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dalam perkembangannya, generasi millenial memiliki gaya hidup yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Beberapa gaya hidup yang melekat pada generasi millenial diantaranya hobi travelling atau jalan-jalan, fanatik terhadap suatu brand atau merek tertentu, hingga kebiasaan ngopi setiap hari.

Semuanya menuntut millenial untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Gaya hidup millenial yang demikian menentukan bagaimana mereka merencanakan dan mengelola keuangan.

Hasil penelitian dari Dalia Research menyebutkan, sebanyak 69% generasi millenial Indonesia tidak memiliki strategi investasi atau pengembangan dana jangka panjang.

“Untuk itu, PT Pegadaian (Persero) berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) melakukan edukasi keuangan bagi generasi muda millennial dan generasi Z yang diwakili oleh para mahasiswa melalui kegiatan Indonesia Millenials Financial Summit (IMFS),” ucap Humas FEB Unair, Nur Aini Hidayati. Jumat, (26/3/2021).

Kegiatan ini, kata Nur, diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian peresmian The Gade Creative Lounge di Universitas Airlangga pada tanggal 26 Maret 2021, yang berlokasi di Lantai 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

“The Gade Creative Lounge merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pegadaian (Persero) yang diperuntukkan sebagai fasilitas penunjang kegiatan akademik, kurikuler dan ekstra kurikuler kampus lainnya.

Tidak hanya menjadi ikon pengenalan PT Pegadaian (Persero) di lingkungan kampus, The Gade Creative Lounge juga menandai penguatan peran serta perseroan dalam dunia pendidikan,” sambung Nur Aini.

Webinar Indonesia Millenial Financial Summit berlangsung pada 25 Maret 2021 melalui platform virtual. Webinar ini dihadiri oleh dua narasumber yang berasal dari OJK dan PT Pegadaian.

Tirta Segara sebagai narasumber utama, yang merupakan Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan menyampaikan materi tentang pengelolaan keuangan “Sehat Keuangan di Masa Pandemi”.

Damar Latri Setiawan, Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero) menyampaikan materi tentang investasi emas.

Acara ini dihadiri oleh Dekan FEB UNAIR, Dian Agustia beserta jajarannya, Kristiantri Puji Rahayu (Kepala Departemen Literasi dan Inklusi OJK), Horas V.M Tarihoran (Direktur Edukasi dan Literasi Keuangan OJK).

Acara ini juga dimeriahkan dengan performance Fadly PADI secara live dari The Gade Creative Lounge Universitas Airlangga. Fadly yang merupakan alumni dari FEB Universitas Airlangga menyampaikan pesan untuk para mahasiswa, “Ikuti kata hati. Terus berprestasi, dalam bidang apapun itu. Jika ditekuni, maka hasil tidak akan mengkhianati perjuangan,” ucapnya

“Peserta yang hadir dalam acara ini mencapai 1531 orang dan setiap peserta mendapat fasilitas berupa e-sertifikat dan pulsa sebesar 50K. Logam mulia dari PT Pegadaian dan e-money dari OJK juga diberikan untuk penanya terbaik dan peserta pretest-post test dengan hasil tertinggi,” ungkap Nur Aini Hidayati.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button