Jelang Sail Tidore September 2021 Mendatang, TNI AL Akan Gelar Kegiatan Surya Bhaskara Jaya

Abadikini.com, TIDORE – Menjelang Sail Tidore September 2021 mendatang, TNI Angkatan Laut berpartisipasi untuk menggelar Kegiatan Surya Bhaskara Jaya, hal ini disampaikan langsung oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Marcos dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Muhammad Miftah Baay di ruang rapat kantor Walikota Tidore, Kamis (25/3/2021).

Kunjungan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Marcos bersama rombongan disambut langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Tidore Muhammad Miftah Baay. Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Miftah Baay menyampaikan selamat datang kepada Danlantamal XIV bersama rombongan karena telah berkunjung ke Tidore.

“Mewakili Walikota Tidore, saya sampaikan Selamat datang kepada Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Marcos, beserta rombongan dari Sorong ke Tidore, semoga dapat menikmati Kota Tidore Kota Kecil bersejarah ini,” Sambut Miftah

Miftah juga menambahkan bahwa di tanggal 27-28 Maret 2021 nanti, dalam rangka memperingati 500 Tahun Perjalanan Magelhaens kapal Latih Spanyol akan berlabuh di Tidore.

Tim di lapangan kata Miftah, sudah mulai siap, kemarin sudah pemantapan rundown acaranya kita kirim ke kedutaan, sambil menunggu kepastian acaranya seperti apa.

Tapi menurutnya, rute perjalanan laut dimulai dari Rum kemudian berkeliling dan berlabuh di depan Pantai Tugulufa, Informasi dari tim di lapangan juga ada acara adat yang akan dibuat untuk penyambutan.

“Terkait dengan acara itu, untuk pengawalan kapabilitas teman-teman TNI, POLRI dan Satpol PP untuk menangani sisi pengamanannya, pihak rumah sakit dan dinas kesehatan juga pengawalan sekaligus pengamanan protokol kesehatan”, Tutur Miftah.

Sementara dalam rapat terbatas itu Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Marcos, SE menyampaikan bahwa Kegiatan Surya Bhaskara Jaya merupakan program dari TNI Angkatan Laut yang digelar hampir setiap tahun, dan difokuskan pada kegiatan sosial dan kesehatan.

“Nanti ada kegiatan-kegiatan yang akan kita laksanakan sama-sama, khususnya TNI Angkatan Laut akan menggelar kegiatan Surya Bhaskara Jaya, yang fokusnya pada kegiatan sosial dan pelayanan kesehatan, mudah-mudahan bisa menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat, untuk Sail Tidore, banyak hal yang bisa diangkat seperti Pariwisata, Ekonomi, Sejarah dan Budaya, Kita berharap acara ini dapat berjalan baik, sukses, lancar dan aman,” tutur Marcos.

Setelah tatap muka dengan Pemerintah Kota Tidore, Danlantamal XIV Sorong beserta rombongan melakukan kunjungan ke Rumah adat Sowohi Kie Matiti di Kelurahan Gurabunga, Kadato Kie Kesultanan Tidore, Masjid Kesultanan Tidore, Stadion Marimoi untuk melihat lokasi pembangunan helipad, di lapangan open space untuk meninjau lokasi pengobatan massal, di Pantai Tugulufa sebagai titik utama perhelatan Sail Tidore, Pelabuhan Trikora, dan terakhir di Pelabuhan Perikanan Goto.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button