Raja Zulu Meninggal Dunia, Berikut Riwayatnya

Abadikini.com, JAKARTA – Raja Zulu di Afrika Selatan, Godwill Zwelithini, meninggal dunia pada Jumat (12/3/2021).

Raja Godwill wafat akibat penyakit diabetes yang dideritanya. Sejak pekan lalu, Raja Godwill dirawat di rumah sakit di KwaZulu-Natal akibat penyakit tersebut.

“Saat berada di rumah sakit Yang Mulia Raja kondisi kesehatannya menurun dan wafat pada pagi ini,” kata PM Zulu Mangosutho Buthelezi seperti dikutip dari Reuters.

Zwelithini merupakan Raja Zulu dengan masa jabatan terlama. Ia naik takhta lebih dari 50 tahun yang lalu setelah kematian ayahnya.

Di bawah kepemimpinannya, Kerajaan Zulu melawan invasi Inggris ke wilayah mereka yang telah berlangsung sejak 1800-an.

Ia juga dianggap sebagai pemimpin yang berpengaruh. Pada tahun 2010, Zwelithini mempromosikan kembali tradisi sunat pada pria untuk memerangi tingkat HIV yang tinggi di KwaZulu-Natal, setelah penelitian menunjukkan bahwa hal itu mengurangi penularan secara signifikan.

Warga Afrika Selatan menyerukan agar pemakaman kenegaraan diadakan untuk menghormati Zwelithini yang merupakan raja dari kelompok etnis terbesar di negara itu.

Seorang pengguna media sosial, Nemzah Mageba, dengan cepat memberi isyarat kepada presiden untuk sementara waktu melonggarkan pembatasan kegiatan di Afrika Selatan yang melarang pertemuan massal di pemakaman.

Hal tersebut agar raja yang telah meninggal dapat diberikan upacara publik yang sesuai dengan statusnya.

“Presiden yang terhormat, saya dengan rendah hati meminta Anda menangguhkan peringatan level satu untuk covid, kita perlu menguburkan raja kita sebagaimana layaknya! Dia pantas mendapatkan yang lebih baik dari 50 orang …,” tulis Mageba di Twitter.

Pihak kerajaan juga berterima kasih kepada orang Afrika Selatan atas doa dan dukungan mereka selama raka sakit.

“Atas nama Keluarga Kerajaan, kami berterima kasih kepada bangsa atas doa dan dukungan Anda yang berkelanjutan di saat yang paling sulit ini,” bunyi pernyataan itu.

Raja Zwelithini membuat sejarah sebagai raja terlama di Kerajaan Zulu – dengan pemerintahan yang mencakup lebih dari lima dekade.

Lahir pada 14 Juli 1948 di Nongoma, utara KwaZulu-Natal – dia adalah putra tertua Raja Cyprian Bhekuzulu dan istri keduanya Ratu Thomo.

Setelah ayahnya meninggal pada 1968, Raja Zwelithini diangkat menjadi raja di usia 20 tahun pada saat itu. Tetapi – dia tidak dimahkotai sampai 1971 karena harus bersembunyi di luar kerajaan terkait rencana pembunuhan terhadapnya.

Kerajaan Zulu adalah kerajaan yang terletak di Afrika bagian selatan dengan wilayah yang membentang dari Sungai Tugela di selatan hingga Sungai Pongola di utara.

Baca Juga

Back to top button