Teten Masduki: Pegiat UMKM Harus Bisa Jual Produk Berbasis Teknologi

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mulai bertransformasi menciptakan produk-produk berbasis teknologi guna meningkatkan daya saing.

“UMKM kita jangan hanya membuat keripik, akik, batik, tapi sudah harus mulai bertransformasi ke produk-produk berbasis teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk UMKM kita,” kata Teten dalam acara virtual Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok-Seri 1, Rabu (3/3/2021).

Akselerasi transformasi digitalisasi yang didorong Teten juga pada bidang pariwisata. Sektor ini sudah tak zaman menjual eksotisme dan keindahan alam, lebih jauh, pariwisata juga harus menawarkan produk-produk UMKM yang unggul, serta berbasis pada inovasi dan teknologi.

“Saya kira kita harus mem-branding negeri kita sebagai negeri yang menuju ke modernisasi, dan tentu juga tetap tidak meninggalkan akar budaya kita yang sangat kuat,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Teten mendorong produk-produk para pelaku UMKM di Lombok untuk segera bertransformasi ke arah teknologi. Menurutnya, para pelaku UMKM di Lombok bisa menghadirkan turisme berbasis pengembangan teknologi.

Teten menekankan bahwa di era digitalisasi ini produk-produk apapun bisa dipasarkan melalui jejaring internet. Dengan digitalisasi, produk yang dipasarkan lewat teknologi bisa terhubung ke seluruh dunia, bisa terhubung ke pasar yang besar.

“Karena itu, new branding terhadap produk Indonesia yang selama ini lebih melihat Indonesia itu sebagai negara agraris atau yang selalu ditampilkan itu misalnya suku-suku, simbol-simbol tradisional, tapi sekarang kita harus melahirkan simbol-simbol Indonesia yang modern,” tegas Teten.

“Saya kira kita harus mem-branding negeri kita sebagai negeri yang menuju ke modernisasi, dan tentu juga tetap tidak meninggalkan akar budaya kita yang sangat kuat,” sambungnya.

Dalam hal ini, Teten mendorong produk-produk para pelaku UMKM di Lombok untuk segera bertransformasi ke arah teknologi. Menurutnya, para pelaku UMKM di Lombok bisa menghadirkan turisme berbasis pengembangan teknologi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker