Trending Topik

Serem, Detik-Detik Mobil Terseret Banjir Lahar Material Gunung Semeru

Abadikini.com, LUMAJANG – Beredar sebuah video yang memperlihatkan detik-detik sebuah mobil terseret lahar material Gunung Semeru. Peristiwa tersebut terjadi di Sungai Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (8/2/2021).

Baca Juga

Dalam video berdurasi 1 menit 31 detik itu diunggah akun facebook Moch Maftuh, memperlihatkan lahar dingin Semeru menerjang Curah Kobokan. Seketika sebuah Mobil yang berada di pinggir sungai kemudian terseret derasnya lahar dingin. Mobil ini pun jatuh ke Sungai.

Sementara warga sekitar yang menyaksikan kejadian itu tak bisa berbuat banyak, panik dan hanya bisa mengucapkan dzikir memanjatkan pertolongan Allah SWT.

Informasi dari warga sekitar seperti dikutip wartabromo, mobil tersebut merupakan mobil yang biasa digunakan untuk mengangkuti solar untuk proyek pembuatan jalur (sudetan) air.

“Yang jelas mobil itu pengangkut solar, yang menyuplai alat berat yang melakukan penyudetan, hingga saat ini belum terkonfirmasi jelas, karena sopirnya juga belum ketemu,” jelas Iwan, warga sekitar.

Sementara, salah seorang relawan Semeru, Cakyo mengatakan, banjir lahar dingin Gunung Semeru terjadi Senin (8/2/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Aliran lahar dingin tersebut mengalir deras ke arah Sungai Curah Kobokan, Kabupaten Lumajang.

Cakyo juga memastikan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, meskipun sebuah mobil ikut terseret. Sebab,terang Cakyo beberapa penumpang berhasil keluar dari mobil, sebelum mobil terseret.

“Getaran banjir terekam hingga 22 mm. Tetap siaga dan selalu siaga,” katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang belum bisa dikonfirmasi atas peristiwa ini.

Namun, informasi yang dihimpun, banjir lahar dingin ini terjadi beberapa saat setelah hujan deras mengguyur kawasan Lumajang.

Baca Juga

Back to top button