Barang Kiriman dari Jepang Tertahan Seminggu, Yusril Sentil Bea Cukai

Abadikini.com, JAKARTA – Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra mengeluhkan kerja Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan dalam memproses kiriman barang di masa pandemi.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu mengaku barang miliknya berupa makanan dan minuman yang dikirim dari Jepang tertahan di Bandara Soekarno-Hatta selama seminggu lamanya tanpa ada kejelasan.

“Mohon perhatian kepada Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan atas lambatnya pelayanan kiriman barang-barang dari luar negeri,” kata Yusril dalam akun Twitter miliknya @YusrilIhza_Mhd seperti dikutip, Senin (21/12/2020).

Tangkap layar kicauan Yusril Ihza Mahendra

Mantan Menteri Kehakiman dan HAM itu telah menghubungi pihak penyedia jasa pengiriman. Namun penyedia jasa pengiriman tersebut tidak bisa berbuat apa-apa.

Mereka mengatakan barang-barang dari luar negeri menumpuk di gudang. Sebagian barang bahkan belum diinput ke dalam sistem.

“Konon karena pandemi petugas bea cukai WFH (bekerja dari rumah), sehari masuk, sehari WFH. Kalau memang demikian, tentu saja barang-barang kiriman akan menumpuk di bandara. Kalau isinya makanan, isinya tentu rusak. Mohon perhatian Bea Cukai. Terima kasih,” ujar Yusril.

Baca Juga

Back to top button