Dharma Wanita Bisa jadi Pendorong Terciptanya Work Life Balance

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pesan kepada seluruh jajaran Dharma Wanita Persatuan Kementerian Keuangan untuk mendefinisikan ulang peranan dan program kerja di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga

“Kalau kita semuanya yang bekerja disebutkan tidak boleh business as usual, seluruh jajaran Dharma Wanita juga tidak boleh business as usual,” ujar Menkeu dalam Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ke-21 Kementerian Keuangan secara daring, Sabtu, (12/12).

Kondisi yang harus lebih banyak bekerja dari rumah selama pandemi merupakan suatu tantangan tersendiri dimana perlu penyesuaian agar tercipta work life balance.

“Dharma Wanita akan menjadi faktor yang makin mendorong, memberikan semangat, perhatian, inspirasi, support untuk meringankan beban bagi pasangannya maupun organisasi sehingga work life balance meskipun sulit tetap bisa kita tegakkan,” ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari kemenkeu.go.id, Senin (14/12/2020).

Menteri dari kaum perempuan itu juga berharap, digital teknologi yang saat ini berkembang pesat dapat dimanfaatkan untuk memperoleh pengetahuan. Pemberdayaan perempuan di era digital menjadi sangat penting sehingga perempuan menjadi paham dunia di segala kondisi. Hal tersebut sejalan dengan tema HUT DWP ke-21 yakni “Peran Dharma Wanita Persatuan dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia”.

“Era digital memberikan juga banyak sekali ilmu pengetahuan. Kalau saya lagi mencari inspirasi, saya bisa mencari di podcast yang bisa memberikan tambahan ilmu untuk saya bisa dengar atau aspek lain dalam kehidupan yang saya ingin dengar. Atau kalau saya merasa ada suatu isu yang saya kurang atau dalam hal ini perlu untuk menambah ilmu lagi, saya bisa mencari di website. Jadi, sekarang handphone kita itu sudah seperti perpustakaan seluruh dunia. Kalau ada waktu untuk streaming atau melakukan interaksi digital, gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, dengarkan hal-hal yang positif,” kata Menkeu.

Peran perempuan menjadi sangat penting di kondisi yang luar biasa ini. Harapannya, seluruh jajaran DWP menjadi bagian dari masyarakat yang memberikan energi positif bagi keluarga dan masyarakat.

“Apapun yang kita lakukan, apapun peran kita itu penting bagi keluarga, bagi bangsa Indonesia. Dimanapun Anda berada, apapun peran Anda, peran Anda luar biasa penting. Yakini bahwa Anda memiliki peran penting untuk menciptakan keluarga yang baik, harmonis, yang memberikan kasih sayang, dan menciptakan suasana untuk terus belajar dan berpikir positif,” ujar Menkeu.

Baca Juga

Back to top button