Menkes Terawan: Limbah Medis Covid-19 Wajib Dikelola dengan Baik dan Benar

Abadikini.com, JAKARTA – Masyarakat diwajib untuk memperhatikan kebersihan lingkungannya sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Diantaranya yang harus diperhatikan adalah pengelolaan limbah medis.

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mengajak semua pemangku kepentingan dan jajaran kesehatan untuk mengelola limbah medis. Oleh karenanya, Purnawirawan TNI bintang tiga itu mengungkapkan empat hal penting yang harus dilakukan seluruh elemen masyarakat.

Pertama, mendorong penerapan praktik pengelolaan limbah medis yang baik untuk mencegah penularan COVID-19, penyakit menular lain, dan dampak beracun bagi manusia dan lingkungan. Kedua, fasilitas kesehatan harus menyediakan peralatan sesuai standar dengan dukungan pemerintah daerah.

Ketiga, pengelolaan medis ini tidak hanya tanggung jawab petugas medis dan fasilitas kesehatan. Untuk itu, perlu kolaborasi antara kementerian, lembaga, swasta, masyarakat, dan fasilitas kesehatan, untuk bersama-sama melakukan pembinaan dan pengawasan secara berkesinambungan.

“Keempat, pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota agar melakukan pengelolaan limbah medis sesuai kearifanan lokal dan kondisi daerah. Tujuannya, mengakselerasi pengelolaan limbah yang efektif dan efisien,” ujarnya dalam acara daring dengan tema “Seruan Nasional Akselerasi Penanganan Limbah Medis”, Jumat (13/11/2020).

Terawan menegaskan agar pengelolaan limbah medis diatur dengan baik dan tepat untuk melindungi masyarakat dari penyakit dan pencemaran lingkungan.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa menerangkan pengelolaan limbah medis merupakan salah satu bagian dari pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“Mari kita pastikan pembangunan nasional dan daerah, termasuk investasi, untuk mempraktikkan pengelolaan limbah medis yang baik dan bersih. Pengelolaan limbah medis harus secara kolektif,” terangnya.

Seluruh komponen bangsa, menurutnya, harus bekerjasama dan berbagi peran untuk mewujudkan Indonesia asri dan sehat. “Seiring dengan kemajuan teknologi, mari kembangkan praktik baik pengelolaan limbah medis,” tandasnya.

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mengajak semua pemangku kepentingan dan jajaran kesehatan untuk mengelola limbah medis dengan baik. Foto Istimewa

Baca Juga

Back to top button