Trending Topik

Ceritakan Kemampuan Ilmu Debusnya, Gus Nur: Saya Pernah Dibakar Hidup-hidup

Abadikini.com, JAKARTA – Sosok Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur yang belakangan ini menjadi sorotan usai ditangkap Bareskrim Polri menghina organisasi Nahdlatul Ulama (NU) rupanya pernah mendalami ilmu debus.

Baca Juga

Gus Nur sapaan akrabnya itu bercerita sebelum fokus menjadi seorang pendakwah pria keturunan Madura dan Yogyakarta itu mengaku sudah terkenal saat memainkan ilmu debusnya sampai keliling-keliling Indonesia.

“Sebelum ada rezim ini, saya sudah terkenal. Saya dulu awal meniti, saya dulu pemain debus. Seniman debus waktu Abah (ayah Gus Nur-red) masih hidup, ’98 ke bawah. Kan saya berhenti 98, dulu saya tiap hari main debus di seluruh Indonesia,” kata cerita Gus Nur.

Gus Nur lantas menceritakan kemampuan debusnya dulu, antara lain dikubur hidup-hidup, dibakar hidup-hidup hingga diseret mobil dengan kecepatan tinggi. Pekerjaan tersebut dilakoninya semasa muda sebelum menikah, untuk mencari nafkah. Dia mengikuti jejak ayahnya yang lebih dulu menjadi pemain debus.

“Dikubur hidup-hidup, dibakar hidup-hidup, diseret mobil kecepatan tinggi itu dulu tiap hari saya, buat cari nafkah. Jadi saya buat cari makan itu dari debus, pemain debus. Abah, saya masih bujang, ikut Abah,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button