Salah Satu Orang Dalam Istana Sebut Revolusi Akhlak Habib Rizieq ingin Gulingkan Rezim Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Pihak istana melalui Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Donny Gahral Adian angkat bicara terkait revolusi akhlak yang dimotori oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

Donny Gahral menilai revolusi akhlak HRS merupakan seruan penggulingan kekuasaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Donny karena itu mengingatkan agar revolusi akhlak yang dicanangkan HRS tidak sampai berujung pada kekerasan.

Sebaliknya, kata Donny, revolusi akhlak HRS harus berbentuk gerakan moral.

“Revolusi akhlak harus tidak dengan kekerasan. kalau memang revolusi akhlak, gerakan moral,” kata Donny seperti dikutip dari kompas, Kamis (22/10/2020).

“Kita tahu bagaimana seruan Habib Rizieq itu bukan seruan-seruan revolusi akhlak, tapi itu seruan penggulingan kekuasaan.”

Lebih lanjut, Donny Gahral mengatakan kelompok HRS tak konsisten dengan seruan revolusi akhlak.

“Tidak konsisten antara jargon yang dipakai dengan revolusi akhlak yang kita baca di sosial media dengar dari berita,” tutur Donny.

Menurut Donny, jika dilakukan dengan baik dan benar, pihak pemerintah akan menyambut revolusi akhlak yang dimotori HRS karena memang bertujuan memperbaiki moral.

“Saya kira kalau memang betul revolusi akhlak itu benar, pasti kita sambut dengan baik. Itu artinya untuk perbaikan moral, silakan saja,” kata Donny.

Tapi, lanjut Donny, kalau gerakan inkonstitusional, apalagi dengan pengerahan gerakan massa yang sifatnya untuk memaksakan kehendak, maka hal tersebut jauh dari revolusi akhlak.

“Kalau jalur moral itu bagus tapi kalau jalur politik menggunakan kekuatan untuk memaksakan kehendak itu yang jadi masalah,” ujar Donny.

Seperti diketahui, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab sebelumnya menyatakan akan memimpin revolusi akhlak di Indonesia jika pulang dari Arab Saudi.

Hal itu dikatakan Sekretaris Umum Front Pembela Islam Munarman di Channel Youtube Islam Is My Life, yang diunggah pada Sabtu (17/20/2020).

“Habib Rizieq menyuarakan, membawa dan memimpin revolusi akhlak,” kata Sekretaris Umum FPI, Munarman.

Munarman menjelaskan revolusi yang sebut itu mengacu pada Presiden Jokowi yang menggaungkan revolusi mental.

Namun, adapun revolusi akhlak Habib Rizieq itu lebih kepada mengubah perilaku agar meneladani sikap Nabi Muhammad SAW.

Dia mencontohkan revolusi akhlak seperti mengubah perilaku orang yang tadinya sering berbohong menjadi tidak berbohong dan yang tadinya sering meninggalkan salat jadi sering salat.

“Akhlak yang seperti apa? Menjadi kepada akhlak rasulullah, akhlak yang berdasarkan Al Quran dan Al Sunnah, akhlak yang dari orang yang suka bohong di revolusi jadi tidak bohong,” kata Munarman.

“Orang yang enggak suka sholat jadi suka sholat, yang suka khianat jadi yang nggak suka khianat. itu yang mau diajak Habib Rizieq.”

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button