Trending Topik

Sukmawati Soekarnoputri Sebut Ideologi PKI Pancasila, Ketua PA 212: Ngawur Dia

Abadikini.com, JAKARTA – Sukmawati Soekarnoputri mengatakan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) tak menolak ideologi Pancasila. Sukmawati juga menyebut PKI menganut ideologi Pancasila.

Ia mengutarakan hal itu dalam acara Indonesia Lawyers Club pada, Selasa (29/9/2020) malam dengan tema ‘Ideologi PKI Masih Hidup’.

“Ini Setahu saya, menurut senior-senior dari tokoh-tokoh PNI, waktu itu yang memberikan info ataupun ilmu kepada saya. Mereka mengatakan bahwa PKI itu tidak menolak Pancasila. Jadi kalau dibilang PKI itu ideologi apa sih? Sebetulnya ideologinya Pancasila. Itu dari para tokoh senior yang sudah tiada. Jadi kenapa jadi masalah? PKI itu ideologinya Pancasila,” kata Sukmawati.

Menurut Sukmawati PKI di Indonesia berbeda dengan partai komunis lain di negara Uni Soviet dan China pada masa itu.

Sebab terang dia, Ideologi yang diterapkan Uni Soviet dan China, disebut Sukmawati memang bersumber dari komunisme. Tepatnya komunisme dengan sistem partai tunggal.

“Tapi kalau bicara komunisme yang ada di Uni Soviet atau di RRT memang betul itu Komunisme dengan partai tunggal di Negara-Negara tersebut,” ujarnya.

Sementara, ideologi PKI adalah Pancasila. Dengan kata lain, ideologi itu masih hidup sampai sekarang.

Sebaliknya, Sukmawati menuturkan jika PKI berideologi komunis, maka secara institusi kepartaian paham komunisme sudah tidak ada lagi.

“Kalau komunis secara institusi kepartaian sudah bubar, ya sudah enggak, secara institusi kepartaian,” ucapnya.

Sukmawati bilang, meski secara institusi kepartaian sudah bubar, bisa saja masih ada gerakan bawah tanah atau underground dari kader-kader PKI. Namun ia tak bisa memastikan apakah kader komunis bawah tanah hari ini juga memeluk Pancasila seperti pendahulunya, atau tidak.

“Jadi kalau ideologi underground bisa saja masih hidup. Seperti juga yang bermimpi dan bercita-cita negara Islam itu kan underground pasti ada. HTI dibubarkan, gampang ganti pakaian. Tapi kan ideologi mereka inginkan, negara Islam,” Imbuh Sukmawati.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif meminta agar Sukmawati Soekarnoputri belajar terlebih dulu sebelum melontarkan pernyataan PKI memiliki ideologi Pancasila. Slamet menegaskan bahwa ideologi PKI adalah komunisme.

“Bukan [Pancasila] lah. Ngawur dia. PKI itu ideologinya komunisme suruh banyak belajar sama baca tuh Busuk (Bu Sukmawati),” kata Slamet di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button