Makna Kemerdekaan Bagi M. Irpan, Pengusaha Muda Asal Enrekang Sulsel

TANGGAL 17 AGUSTUS menjadi momentum yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari dimana bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan tersebut. Perjuangan panjang yang gigih dan tidak mengenal pantang menyerah oleh founding father kita akhirnya membuahkan hasil dengan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh Bung Karno atas nama Bangsa Indonesia.

Apa yang telah dilakukan oleh Bapak Bangsa kita dimasa lalu adalah suatu usaha yang sungguh luar biasa bukan hanya untuk mereka saat itu tapi hingga generasi saat ini. Memaknai perjuangan mereka dimasa lalu itu adalah tugas dan kewaniban bagi generasi kini. Terutama dalam menjaga keutuhan NKRI dari rongrongan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Peringatan HUT RI KE 75 tahun dalam suasana yang begitu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Masa Pandemi Covid-19 tahun membuat semarak hari kemerdekaan benar-beda seluruh penjuru tanah air. Pembatasan aktivitas hingga kewajiban mengikuti protkoler kesehatan dalam berbagai kegiatan apalagi melibatkan orann banyak.

Sejatinya suasana wabah Pandemi Covid-19 di hari kemerdekaan RI tidak mengudangi semangat untuk memaknai hari yang bersejarah bagi Bangsa kita. Meskipun pembatasan aktivitas tertentu oleh pemerintah diberlakukan tetapi kreati vitas dan inovasi kita dalam memaknai kemerdekaan tetap harus jalan.

Dampak ekonomi yang luar biasa saat pandemi covid-19 menjadi situasi menjadi sulit. Oleh kareba itu momen kemerdekaan tahun ini harusnya sebagai pelecut semangat unuk bangkit dan keluar dari keterpurukan ekonomi. Semua orang harus bangkit dan memaknai kemerdekaan sebagai momentum keluar dari keterpurukan ekonomi secara berdoa pandemi berakhir.

Salah seorang pengusah muda asal enrekang M. Irpan memaknai hari kemerdekaan tahun ini sebagai pelecut semangat untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi.

“Suasana HUT Kemerdekaan tahun ini cukup berbeda. Masa pandemi membuat situasinya sulit terutama ekonomi, tapi kita tidak boleh menyerah. Jadikan pelecut semangat untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi” uangkapnya, minggu 16 Agustus 2020.

Oleh: M. Irpan Pengusaha Muda Asal Enrekang Sulsel

Baca Juga

Back to top button