Wagub NTT Sebut Ende Kota Sejarah dan Wisata

Abadikini.com, ENDE – Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Nae Soi didampingi istri Maria Fransisca Djogo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ende, Senin (10/8/2020).

Rombongan NTT Wagub tiba di Bandara Hasan Aroeboesman, sekitar pukul 08.00 WITA langsung disambut Bupati Ende Djafar Achmad dan isteri, Hj. Mastuti.

Wagub Nae Soi lalu memantau Monumen Pancasila di Taman Simpang Lima, Jl. Gatot Subroto, depan Bandara Hasan Aroeboesman.

Taman di pusat Kota Ende ini, memiliki tiga kekhassan yakni, monumen Pancasila, di kedua sisinya ada jembatan menanjak yang kemudian kian mengerucut lalu menyatu, mengarah ke air mancur dan atraksi air mancur yang diberi sentuhan cahaya berwarna-warni.

Bentuk jembatan tersebut tampak seperti pesawat yang hendak takeoff, moncongnya lebih tinggi dari air mancur. Di sinilah tempat favorit warga berfotoria dengan latar belakang air mancur warna-warni.

Dari arah barat di belakang air mancur, terpampang jelas tulisan ‘ENDE’. Warga dari luar Kabupaten Ende sering menjadikan tulisan itu sebagai latar belakang foto, saat datang berkunjung ke Simpang Lima.

Selanjutnya Wagub dan rombongan mengunjungi Taman Renungan Bung Karno, tempat Ir. Soekarno atau Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan Indonesia bermenung dan mendapat ilham Pancasila.

Dilansir dari Poskupang, Wagub Nae Soi mengatakan, Pemerintah Provinsi NTT berkomitmen dan tengah bekerja serius menjadikan pariwisata sebagai penggerak utama ekonomi NTT.

Dia menyebut Ende sangat potensial untuk pengembangan pariwisata, mengingat Ende merupakan Kota Sejarah yang tidak bisa lepas dari sejarah Republik Indonesia dan punya potensi wisata alam, kuliner dan budaya.

Wagub Nae Soi tegaskan Pemerintah Provinsi NTT akan membangun infrastruktur yang memadai guna mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Ende.

“Bicara Pariwisata tentu kita kembangkan semua di NTT. Nah Ende salah satunya, Kota Sejarah, punya banyak destinasi wisata, budaya dan kuliner. Jadi semua potensi lokal harus kita kembangkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu wagub juga mengimbau agar para pengusaha untuk berinvestasi di Ende dengan membangun hotel-hotel besar, sehingga masyarakat punya peluang lebih besar untuk mengelola homestay.

Baca Juga

Back to top button