Ritual Adat Warnai Penyerahan 3 SK Dukungan Paslon Edi-Weng di Manggarai Barat

Abadikini.com, LABUAN BAJO – Pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi-Yulianus Weng (Edi-Weng) resmi mengantongi surat relomendasi dari tiga partai politik untuk bertarung di Pilkada Manggarai Barat, 9 Desember 2020 mendatang.

Ketiga partai itu adalah, Partai Nasdem dengan 5 kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) 1 kursi dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 1 kursi di DPRD Mabar pada pemilu 2019.

Pasangan itu mengusung visi Manggarai Barat Maju Unggul Tangguh Populer (Mabar Mantap). Dukungan tujuh kursi DPRD tersebut melebihi jumlah minimal yang disyaratkan yakni enam kursi.

Ketua DPW Partai NasDem NTT Raymundus Sau Fernandes mengatakan mengutusan Edi-Weng bertarung di Pilkada dilakukan dengan prosesi adat Wuat Wa’i yang berlangsung Sabtu (8/8) di Lapangan Nanga Na’e, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat yang dihadiri sekitar seribu orang.

“Ritual adat dipadukan dengan acara pembacaan dan penyerahan surat keputusan dukungan dari tiga partai,” ujar Raymundus lewat keterangan tertulis, Ahad (9/8/2020).

Menurut Raymundus, dukungan masyarakat kepada pasangan tersebut sangat luar biasa seperti terlihat di sejumlah kampung yang sudah dikunjungi termasuk di Kampung Nanga Na’e, tempat kelahiran calon wakil bupati Yulianus Weng.

“Pilkada momentum kita memilih pemimpin dan meletakan harapan ke pundak pemimpinan agar membawa perubahan baru dan menuntaskan berbagai persoalan masyarakat,” kata Yulianus.

Yulianus mengatakan persoalan yang saat ini dihadapi warga di kampung-kampung ialah pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan ekonomi yang perlu mendapat perhatian serius oleh pemerintah.

“Beratus-ratus kampung sudah kami datangi, beribu-ribu keluarga sudah kami temui. Dalam setiap perjalanan, ada banyak cerita miris yang kami rekam secara baik dan semakin meneguhkan hati kami untuk bergerak maju dan melalui doa, dukungan dan restu semua semoga kita dapat menuntaskannya,” tutur Yulianus.

Edi-Weng dengan mantap menatap masa depan perubahan Manggarai Barat, tegas Weng. Pilkada adalah kesempatan membangun harapan mengubah kondisi masyarakat menjadi lebih baik dari kondisi saat ini.

“Karena itu, kita jangan salah memilih pemimpin. Mari pilih pemimpin yang membawa harapan bagi kita, pilih dan menangkan pemimpin yang punya hati dan memimpin dengan hati,” ajak Yulianus disambut tepuk tangan massa pendukung.

Jika pasangan ini terpilih pada Pilkada, Yulianus yang berprofesi sebagai dokter mengaku memprioritaskan dua persoalan di bidang kesehatan di Manggarai Barat yakni malaria dan demam berdarah dengue (DBD) dan menekan angka kematian ibu hamil dan anak.

Sementara itu dalam orasinya, calon bupati Edi Endi menegaskan pariwisata super premium Labuan Bajo harus memberikan dampak positif bagi mayoritas penduduk Manggarai Barat atau sekitar 78% yang berprofesi sebagai petani dan nelayan.

“Sesuai data PDRB Manggarai Barat, kontribusi terbesar masih di sektor jasa. Kemajuan pariwisata tidak mampu mendongkrak kemajuan sektor pertanian dan nelayan yang digeluti mayoritas masyarakat kabupaten Manggarai Barat,” tegas Edi Endi.

Menurutnya, jika terpilih, pihaknya akan mendorong sektor pendidikan dan kesehatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang masuk ke dunia pariwisata super premum Labuan Bajo.

“Adapun sektor pertanian dan perikanan harus menjadi penyedia utama bahan pangan bagi pariwisata super premium tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker