Inilah 15 Jenis Ikan Cupang dari Hias Hingga Aduan yang Wajib Kamu Tahu!

Abadikini.com – Ikan cupang merupakan hewan agresif dan suka menyerang. Ia juga ikan air tawar dan terkadang hidup di selokan yang menggenang. Beberapa jenis ikan cupang memiliki warna tubuh yang menarik.

Secara garis besar, jenis ikan cupang dibagi menjadi tiga, yaitu liar, hias dan aduan. Untuk mengenal lebih dekat ikan indah ini, yuk ketahui jenis-jenis ikan cupang berikut!

Jenis-jenis Ikan Cupang

1. Halfmoon

jenis ikan cupang, macam ikan cupang
Sumber Gambar: Fine Art America

Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Ikan cupang Halfmoon ini dikenal dan dipelihara karena keindahannya.

Varian warnanya juga kalah menarik, mulai dari merah menyala, kuning, bahkan putih.

2. Crown Tail

jenis ikan cupang, macam ikan cupang
Sumber Gambar: Fishkeeping World

Cupang crown tail menjadi mendunia karena variasi keindahannya. Disebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang ini banyak sekali dikoleksi orang banyak karena hasil breeder yang cukup langka.

3. Plakat

jenis ikan cupang, macam ikan cupang
Sumber Gambar: All Pond Solutions

Ikan cupang plakat sering digunakan sebagai ikan adu. Namun, tidak sedikit orang yang memelihara cupang jenis plakat ini. Walaupun bentuknya indah, ikan cupang plakat mempunyai kesan sirip yang tegas dan kekar.

Gerakan ikan cupang plakat juga tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.

4. Double Tail

jenis ikan cupang, macam ikan cupang
Sumber Gambar: About Betta Fish Tanks

Disebut double tail karena bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan. Oleh karena itu, keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran dan terkenal langka.

5. HMPK

jenis ikan cupang, macam ikan cupang
Sumber Gambar: Betta Fish

Ikan cupang HMPK adalah hasil breeding dari ikan cupang jenis plakat dan halfmoon lalu disingkat menjadi HMPK. HMPK menuai banyak pujian karena bentuk dan warnanya yang indah nan menawan.

6. Giant

jenis ikan cupang
Sumber Gambar: Hasshe

Ikan cupang raksasa ini berhasil dikembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesarnya mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Berkat ukuran tubuhnya yang besar, ikan cupang giant ini tidak bisa bergerak lincah dibandingkan jenis lainnya.

7. Big Ear

jenis ikan cupang
Sumber Gambar: Pinterest/Vicki Tunkel

Jenis ikan cupang yang sering disebut cupang dumbo ini memiliki sirip telinga yang sangat lebar seperti sayap. Pada dasarnya ikan jenis ini adalah salah satu variasi ikan cupang yang baru dikembangkan dan sudah banyak ditemui di Indonesia.

8. Ikan Cupang Sawah

jenis ikan cupang
Sumber Gambar: Ali Mustika Sari

Cupang alam atau cupang sawah adalah cupang yang belum mengalami persilangan, dan ikan ini jauh dari jangkauan manusia. Warna tubuhnya bergaris kuning dan biru. Harga ikan cupang sawah ini bervariasi.

Jika semakin bagus dan langka maka bisa sangat mahal. Namun, sebaliknya jika sudah umum ikan cupang ini harganya bisa sangat murah bahkan gratis.

9. Ikan Cupang Paradise

jenis ikan cupang
Sumber Gambar: YouTube/James Crumley

Cupang paradise atau ilmiahnya Marcopodus opercularis, banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri-ciri ikan ini adalah ekornya cabang, warnanya bergaris-garis vertikal dengan warna hijau muda.

10. Ikan Cupang Sarawak

jenis ikan cupang
Sumber Gambar: Pinterest/Haji Badaruddin

Ciri-ciri khusus dari cupang jenis ini adalah adanya semacam garis yang berada di sisi kanan kiri ikan dari kepala hingga pangkal ekor. Cupang Sarawak biasanya sangat mudah beradaptasi di alam.

Cupang jenis ini juga lebih dari mampu hidup dengan sangat nyaman di daerah air dengan tekanan yang tinggi. Jenis ikan alam yang satu ini warnanya agak sederhana dan transparan.

11. Ikan Cupang Surga

macam ikan cupang
Sumber Gambar: eBay

Ikan cupang surga ini memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan cupang paradise. warnanya kecokelatan dan siripnya memanjang, cupang jenis ini bisa kita temui di Asia Tenggara tepatnya di Jawa, Sumatra.

Ukurannya bisa mencapai 10 cm, cukup besar untuk ukuran cupang.

12. Ikan Cupang Emas

macam ikan cupang
Sumber Gambar: Weebly

Ikan cupang emas kerap ditemukan di sawah, selokan, sungai, dan rawa. Sebutan latin cupang emas adalah Betta unimaculata yang berarti warnanya agak ke emas-emasan.

13. Ikan Cupang Fancy

macam ikan cupang
Sumber Gambar: YouTube/Top10Pedia

Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang halfmoon, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan ini terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harganya mahal.

14. Ikan Cupang Veiltail

macam ikan cupang
Sumber Gambar: Betta Fish

Jenis cupang veiltail memiliki bentuk tubuh  yang hampir mirip dengan halfmoon dan double tail. Perbedaan antara Ikan cupang veiltail dengan halfmoon dan double tail adalah dari ‘kekuatan’ ekor.

Dulu ikan cupang veiltail ini banyak diminati orang karena kemudahan mendapatkannya, tetapi karena semakin banyak ikan cupang silangan, veiltail sedikit tersisihkan.

15. Ikan Cupang Coccina

macam ikan cupang
Sumber Gambar: Wikipedia

Tubuhnya berbentuk silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala. Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuning-kuningan. Sirip insangnya transparan merah, sirip polos dan panjang.

Nama lain dari ikan cupang ini adalah cupang Belgi Bangkok.

Itulah jenis-jenis ikan cupang yang perlu kamu ketahui, Sangat cantik nan anggun bukan, di balik sifatnya yang ‘pemarah’ dan agresif? Ikan ini sangat cocok dijadikan peliharaan di rumah, apabila kamu mencari hewan yang tidak terlalu menghabiskan biaya banyak untuk merawatnya.

Sumber Berita
Tokopedia
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker