Manfaat Rajin Makan Ikan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat rajin makan ikan yang akan Anda rasakan yaitu dapat mencegah penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan janin, memperbaiki penglihatan hingga mencerahkan kulit.

Abadikini.com – Go Dok – Ikan bisa jadi merupakan bahan pangan yang pertama kali terbersit di benak Anda ketika memikirkan sumber protein baik yang paling mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan sumber protein lainnnya, seperti daging sapi dan ayam, kandungan protein dan omega-3 pada ikan tergolong lebih tinggi.

Selain itu, kandungan lemak jenuh pada ikan yang rendah membuat bahan pangan ini ideal dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Masih kurang?

Ini dia manfaat rajin makan ikan lainnya yang dapat Anda rasakan!

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat rajin makan ikan yang pertama untuk mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Hypertension: Journal of The American Heart Association menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi ikan satu atau dua kali dalam seminggu terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai 50 persen.

Ini disebabkan kandungan nutrisi dalam ikan bermanfaat dalam memangkas kadar lemak darah yang seringkali menjadi penyebab utama timbulnya gangguan pada arteri jantung.

2. Meningkatkan fungsi otak

Ingin buah hati tumbuh menjadi sosok yang pintar dan cerdas? Rutinlah mengonsumsi ikan! Kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan terbukti dapat meningkatkan fungsi otak.

Hal ini selaras dengan pernyataan para peneliti Cerebral Cortex yang menyimpulkan bahwa konsumsi setidaknya 2,2 gram omega-3 per hari dapat mengoptimalkan fungsi otak dalam memecahkan permasalahan yang rumit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat rajin makan ikan selanjutnya yaitu membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kebiasaan menghindari konsumsi ikan merupakan kesalahan besar. Kenapa?

Karena minyak ikan ternyata dapat menghambat proses terbentuknya sel lemak sehingga mampu mengurangi jumlah penumpukan lemak dalam tubuh secara menyeluruh. Hebat, bukan?

4. Baik untuk janin

Seperti yang dikutip dari The Associated Press, mengonsumsi ikan setiap hari sangat disarankan bagi ibu hamil karena tingginya kandungan nutrisi dan protein pada ikan terbukti dapat mengoptimalkan pembentukan sel otak janin.

5. Memperbaiki penglihatan

Jarang orang ketahui, rajin mengonsumsi ikan ternyata sangat bermanfaat bagi penglihatan. Hal ini dikarenakan susunan protein pada hewan bersirip ini terbukti dapat menghambat proses degenerasi makula (bagian tengah retina) dan mencegah glaukoma.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk malas makan ikan, ya!

6. Mencerahkan kulit

Manfaat rajin makan ikan yang terakhir untuk mencerahkan kulit. Bagi kaum hawa yang menginginkan kulit putih dan bersih, ada cara mudah yang dapat dicoba. Ya, dengan rutin memasukkan ikan ke dalam menu makanan Anda berkhasiat mampu memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Selain itu, kandungan omega-3 pada ikan juga berkhasiat untuk mencerahkan sekaligus menangkal kanker kulit.

Ayo, rajin makan ikan!

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker