Di Milad ke-22 PBB Yusril Ajak Masyarakat Bersiasat Hadapi Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengajak warga masyarakat Indonesia untuk tetap tabah menghadapi dampak pandemi Virus Corona (Covid-19). Sebab terang Yusril jika berkaca dari kasus Flu Spanyol di awal 1900-an, Indonesia juga turut terdampak dan bahkan menimbulkan trauma hingga saat ini.

“Kita hadapi pandemi luar biasa walaupun saat ini kita memasuki situasi adaptasi baru. Maka kita harus menyiasati menghadapi penyakit yang belum ada obat maupun vaksinnya. Dampaknya terasa buat kita semua,” kata Yusril dalam pidato politik di perayaan Milad ke – 22 PBB, di Markas Besar DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (18/7/2020).

Dia pun bercerita soal pandemi flu Spanyol yang terjadi di dunia dimulai tahun 1918-an. Berdasarkan sejumlah literatur dan pendalaman yang dia lakukan, adalah tentara Prancis yang membawa flu itu masuk ke Indonesia. Efeknya sangat mematikan.

“Penduduk Suku Toraja konon katanya tersisa dua pertiga saja. Sekitar 12 ribu orang Toraja meninggal akibat Spanish Flu. Lalu juga di Suku Dayak. Makanya sampai sekarang, kalau orang Dayak kena flu, katanya anaknya dibawa sampai ke hutan dan ditinggal. Kebiasaan itu karena ada ketakutan, karena flu dianggap membahayakan,” bebernya.

Ketakutan yang sama akibat trauma Spanish Flu itu juga terjadi di warga negara lain termasuk Jepang dan AS. Menurut Yusril, kondisi mulai normal setelah dua tahun sejak pandemi flu Spanyol tersebut muncul. Kini diapun menjadikan hal itu sebagai patokan bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita berharap kita tetap bisa berkegiatan. Kitapun di partai bisa beradaptasi seperti melaksanakan rapat dengan online. Kalau bisa efektif, ini bisa kita lanjutkan,” ujar Yusril.

“Di milad ini, di tengah kesulitan ini, tetaplah kita berkeyakinan, bahwa dibalik kesulitan ini, akan ada kemudahan bagi kita semua,” pungkasnya.

Hadir dalam acara Milad ke-22 PBB sejumlah petinggi negara dan petinggi partai koalisi PBB, di antaranya  Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan, Sekjen Partai Garuda Abdullah Mansuri, dan Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker