Munculnya Istilah ‘Kadrun’ Menurut Denny Siregar Hingga Trending di Medsos

Abadikini.com, JAKARTA – Munculnya istilah ‘kadrun’ berawal dari panasnya perdebatan di media sosial antara kelompok pro dan oposisi dari kelompok dengan identitas agama Islam yang menggunakan cara kekerasan.

Menurut Denny, ‘kadrun’ adalah istilah untuk mereka oknum kelompok beragama, yang seringnya Islam, namun menggunakan cara kekerasan dan mengatasnamakan Islam kepentingan mereka.

“Sesudah perdebatan cukup panjang di media sosial dengan nama-nama yang unik untuk mereka, terpilihlah istilah ‘kadrun’ sebagai sebutan yang ikonik dan mudah diingat,” kata Denny dalam video YouTube saluran Cokro TV dikutip Minggu 28 Juni 2020.

Denny mengatakan, ‘kadrun’ adalah singkatan kadal gurun, binatang kadal yang hidup di Timur Tengah di padang pasir. Menurutnya sebutan kadrun bagi kelompok yang dimaksud Denny itu, sama dengan perilaku kadal gurun di Timur tengah sana lho.

“Dia (kadrun) selalu bersembunyi di dalam pasir, mengintip-ngintip situasi, dan baru keluar kalau ada makanan. Mirip kan?” jelasnya.

Seperti diketahui istilah Kadrun merupakan pelabelan pengkubuan politik sudah terjadi. Di masa Pilpres lalu, ada penamaan cebong dan kampret mewakili kubu politik pro pemerintah dan oposisi pemerintah.

Sebutan kadrun ini entah bagaimana persisnya bermula. Kubu pro pemerintah atau Jokowi sering mencaci kubu oposisi yang identitasnya kelompok Islam, dengan sebutan kadrun. Sedangkan sebagian kubu oposisi, mengatakan kadrun merupakan istilah dari Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk golongan Islam pada masa 1960-an. Bagaimana guys menurutmu??

Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close