Menteri Kelautan dan Perikanan Ingin Gunakan Teknologi untuk Jamin Keselamatan Nelayan Kecil

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ingin memperbanyak teknologi yang bisa menjamin keselamatan nelayan sekaligus memastikan hasil tangkapan mereka  yang banyak.

Unuk itu, Menteri Edhy mengunjungi perusahaan peranti teknologi yang memproduksi peralatan smart fishing, seperti alat monitoring dan pengawasan kapal perikanan, khusus untuk kapal-kapal kecil berkapasitas di bawah 30 gross ton (GT), bernama Vessel Multi Aids (VMA).

Seperti halnya perangkat surveilans yang digunakan kapal-kapal bermuatan di atas 30 GT (VMS), VMA juga memiliki fungsi serupa. Perbedaan mencoloknya berada pada transmiternya. VMS berbasis satelit sementara VMA berbasis gelombang radio (VHF).

“Saya pikir ini potensi yang baik untuk kita sampaikan ke nelayan. Karena selama ini nelayan kita melaut belum ada jaminan keamanan yang pasti tentang bagaimana perolehan ikannya, bagaimana keamanan dia di laut. Ini PR kami yang akan segera kami laksanakan,” kata Menteri Edhy di Kantor PT Unggul Cipta Teknologi, Cikande, Serang, Banten, Kamis (25/6) kemarin.

Menteri Edhy berharap, teknologi ini bisa menjadi solusi untuk nelayan kecil dalam meningkatkan kesejahteraan mereka. Sebab selain sebagai alat monitoring, VMA juga telah menyediakan teknologi pendeteksi daerah penangkapan ikan.

“Teknologi ini akan memberi kepastian kepada keluarga (nelayan) dan hasil tangkapannya juga akan diketahui berapa (jumlahnya),” sambung Edhy.

Lanjut Menteri Edhy, dengan telah diketahuinya keberadaan ikan, nelayan di tengah laut juga bisa melaporkan kepada nelayan di daerah lain. Tujuan akhirnya, data potensi ikan di seluruh Indonesia dapat diketahui dan tidak terjadi disparitas produksi yang akan berdampak buruk pada serapan dan anjloknya harga.

“Intinya pendapatan nelayan kita akan bisa ditingkatkan dan yang paling penting keselamatan jiwa dan raganya,” ujarnya.

“Yang jelas nelayan enggak harus beli (alat ini). Kita yang akan beli dan akan bagikan ke nelayan. Saya engak mau teknologi ini sekadar untuk PR, atau untuk opini, ngomong baik tapi faktanya tidak. Karena Pak Presiden tidak suka dengan anak buahnya yang hanya menyenangkan,” ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker