Cegah Penyebaran Covid-19, Taman Nasional Komodo akan Terapkan Ini

Abadikini.com, LABUAN BAJO – Kepala Tata Usaha Balai Taman Nasional Komodo, Dwi Putro Sugiarto, mengatakan saat ini taman nasional masih ditutup dan skema pembatasan jumlah pengunjung sedang disusun.

“Pembukaan kembali Taman Nasional Komodo masih mengunggu persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Sugiarto dilansir Antara, Kamis (18/6).

Menurut Sugiarto, saat ini sedang beroperasi kembali, pembukaan area wisata di taman nasional yang berada di Nusa Tenggara Timur itu juga akan dilakukan secara bertahap.

“Pengunjung di Taman Nasional Komodo akan dibatasi sebanyak 20-50 persen per area selama penerapan tatanan normal baru untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19),” ujarnya.

Ia menjelaskan, secara teknis pengaturan skema pembatasan wisatawan di lapangan akan diatur per bagian.

Misalnya di Loh Liang berapa banyak wisatawan, kemudian di Loh Buaya Pulau Komodo berapa banyak wisatawan, sehingga tak menimbulkan penumpukan.

Sementara itu untuk wisatawan yang melakukan snorkeling atau diving, ujar Sugiarto, juga akan dilakukan pembatasan kuota yang mana tersebar di empat spot menyelam.

“Empat spot itu antara lain di Gili Lawa, Tatawa, Batu Bolong, dan Sebayur,” jelasnya

Wisatawan yang datang diharapkan bisa mematuhi protokol kesehatan.

Selain mengenakan masker dan menjaga jarak sosial, wisatawan juga seharusnya tak memutuskan pergi berlibur jika kondisi badan sedang tidak fit.

Mau Ke Pulau Komodo? Hubungi Komodo Travel and Transportation Flores, Indonesia | +62 85253115303 | [email protected] atau klik ke komodotraveller.com

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button