Pesawat Tempur TNI AU Jatuh, Alhamdulillah Pilot Selamat

Abadikini.com, PEKANBARU – Pesawat tempur TNI AU jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 jatuh sekitar 5 kilometer (km) dari dari Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, sekitar pukul 08.13 WIB.

Kursi pelontar pesawat tempur TNI AU jenis BAE Hawk 209 dari Skadron Udara 12 Pangkalan Udara (Lanud) Rusmin Nuryadin yang  jatuh di Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, Riau, menimpa rumah warga.

Kursi pelontar itu terlempar sekitar 20 meter dari lokasi jatuhnya pesawat. Akibatnya, rumah warga tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap.

“Beruntung kursi pelontar sempat nyangkut di langit-langit rumah sebelum jatuh. Jadi anggota keluarga kami tidak ada yang terluka,” kata pemilik rumah yang enggan disebutkan namanya, Senin (15/6), dikutip dari Antara.

Rumah tersebut kini menjadi salah satu rumah yang dipasangi garis polisi. Sejumlah aparat TNI terlihat berjaga di rumah itu, selain di lokasi jatuhnya pesawat.

Pesawat nahas tersebut diterbangkan oleh Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru. Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat.

“Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Rusmin Nuryadin,” kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri kepada Antara di Pekanbaru.

Sejumlah warga mengatakan pilot pesawat tempur itu terjatuh sekitar 30 meter dari lokasi jatuhnya pesawat.

Insiden pesawat militer jatuh menjadi yang kedua pada bulan ini. Sebelumnya, helikopter jenis MI-17 milik TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6). Empat prajurit tewas saat kejadian nahas tersebut.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close